Solusi Sakit karena Terpeleset Selain Pijat

6855

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ana habis jatuh terpeleset, pinggang sebelah kanan terasa ada yang salah (sakit/kemeng), cara tradisional harus dipijet, secara syaríat meskipun sesama akhwatnya ga boleh memperlihatkan aurat. Mohon solusi terbaik, mungkin secara kedokteran ada obat yg bisa ana minum. Jazakumullahu khoiron

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari ajukan, semoga sedikit penjelasan dibawah bisa membantu.

Solusi Sakit karena Terpeleset Selain Pijat

Berdasarkan riwayat Saudari di atas, meskipun masih diperlukan keterangan lebih lanjut; tentang proses dan mekanisme jatuh, seberapa luas daerah yang nyeri, ada gangguan saraf atau tidak, dan usia Saudari, pendapat kami, kemungkinan Saudari menderita cedera robekan minor pada otot-otot di daerah tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat Saudari lakukan:

Pertama: Meyakinkan bahwa tidak terdapat cedera yang lebih serius, seperti cedera pada organ dalam di sekitar pinggang, semisal ginjal atau usus. Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter wanita yang amanah, dan pada kondisi ini, setahu kami, tidak mengapa memperlihatkan bagian yang sakit sebatas keperluan untuk pengobatan. Namun jika Saudari cukup yakin tidak ada cedera serius, misalnya karena mekanisme saat jatuh ringan atau posisi jatuh tidak berbahaya, tidak mengapa jika tidak diperiksakan.

Kedua: Menghindari penggunaan berlebihan otot-otot di daerah yang sakit tersebut, misalnya menjauhi olahraga dan aktivitas yang membutuhkan banyak membungkuk.

Ketiga: Meruqyah bagian yang sakit dengan doa-doa yang dituntunkan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Keempat: Jika didapatkan daerah otot yang mengeras seperti tegang, dapat dipijat sendiri menggunakan minyak zaitun hangat, dengan pijatan yang ringan.

Kelima: Jika rasa sakit sangat mengganggu, Saudari dapat menggunakan beberapa anti nyeri lokal, seperti koyo, atau anti nyeri yang dioleskan seperti gel Voltaren atau Counterpain (penyebutan merek ini hanya sebagai contoh). Anti nyeri dalam bentuk tablet, seperti Paracetamol atau Asam Mefenamat juga dapat digunakan. Namun saran kami, hanya jika obat-obatan lokal tidak meringankan sakit.

Nyeri karena cedera otot ringan umumnya dapat pulih dengan sendirinya –biidznillaah– dalam beberapa hari setelah cedera, bahkan mungkin satu mingguan, tergantung berat cedera.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

SHARE
Previous articleKanker Usus
Next articleDeg-degan Kencang di Usia Senja
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.