Obat Wasir

2895

Pertanyaan:
Assalaamu’alaikum

Dok, ana sudah lama punya penyakit wasir, benjolan seperti daging suka keluar apabila BAB, tapi masih bisa dimasukkan lagi.

Bagusnya kemana ana harus berobat? Ana maunya berobat ke alternatif yang islami dan ana berdomisili di Tasikmalaya. Atau obat herbal apa yang sesuai?

Jazakallahu khoir,

Dari: Ageung Subhan

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan, semoga Allaah Ta’ala memberikan kesembuhan dengan kesembuhan yang sempurna bagi Saudara.

Obat Wasir

Dari penuturan Saudara, wasir yang dialami kemungkinan mencapai derajat III. Pada derajat ini jika buang air besar keras dapat disertai darah juga dan rasa nyeri yang cukup mengganggu.

Sebelum Saudara memilih tempat berobat mana yang paling tepat, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi riil penyakit Saudara dan kemungkinan terapi yang bisa dilakukan, serta kemungkinan penyakit lain yang Saudara derita, yang dapat menghambat jika Saudara ingin berobat alternatif. Tidak masalah jika selanjutnya Saudara memilih pengobatan alternatif.

Beberapa pengobatan alternatif yang menurut kami cukup aman dan dapat Saudara pilih, adalah  bekam dan terapi herbal. Untuk pembekaman, hendaknya Saudara pilih klinik atau ahli bekam yang berilmu dan berpengalaman, dan menerapkan praktik bekam yang steril untuk mencegah penularan penyakit yang tidak diinginkan.

Untuk terapi herbal, sepengetahuan kami, terdapat beberapa herbal yang diakui secara empiris (bukti kasus per kasus) dapat meringankan gejala wasir. Yang paling menonjol adalah daun ungu (Gratophyllum Pictum), jus sirsak, ekstrak meniran, dan bawang putih yang diambil sarinya dan dioleskan ke daerah yang sakit. Selain bawang putih, dapat diminum dalam bentuk rebusan daun, atau serbuk dalam bentuk kapsul yang praktis. Namun saran kami, jika ingin memilih herbal kemasan, pilihlah yang bersertifikat dari BPPOM dan MUI, dan sesuai dengan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik). Minim sesuai dosis yang tertera di kemasan, dan minumlaH secara teratur. Ekstrak herbal biasanya membutuhkan waktu beberapa hari sampai minggu untuk menampakkan khasiatnya, jadi hendaknya Saudara bersabar sambil terus memohon kesembuhan dari Allaah Ta’ala.
Semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaykum warohmatullaahi wabarokaatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. 
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

SHARE
Previous articleMengatasi Perut Buncit
Next articleRadang Usus
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.