Apakah Diabetes Dapat Menurun ke Anak?

4002

Apakah Diabetes Dapat Menurun ke Anak?

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Dok, selamat sore.

Saya mau tanya dok,
1. Saya menderita penyakit diabetes sejak usia 15 tahun dan sekarang usia saya 21 tahun. Apakah nanti jika saya memiliki keturunan akan menderita penyakit yang sama dengan saya Dok?

2. Sejak saya menderita penyakit diabetes saya menggunakan obat insulin, apakah bisa diganti dengan yang lain Dok?
Sekian pertanyaan dari saya, ditunggu jawaban dari Dokter.
Terimakasih..

Dari: Angelina

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Saudari yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, semoga senantiasa dianugerahi kesabaran dalam menjalani takdir Allah -Ar Rahman- di permukaan bumi ini.

Berikut ini sedikit jawaban dari kami atas pertanyaan yang Saudari ajukan terkait diabetes:

1. Dari data yang kami dapatkan, keturunan penderita Diabetes Mellitus (kemungkinan yang Saudari derita adalah Diabetes tipe 1, benar demikian?). Terutama tipe 1, memang memiliki kecenderungan menderita penyakit yang serupa. Meskipun demikian, kemungkinan ini tidaklah berarti ada keturunan yang pasti terkena atau semua keturunan pasti terkena penyakit yang sama. Secara prosentase, peluang keturunan dari ibu penderita Diabetes tipe 1 untuk menderita penyakit yang sama adalah sekitar 3 %, dan meningkat menjadi 6 % jika kedua orangtuanya menderita penyakit tersebut.

2. Untuk menjawab pertanyaan ini, diperlukan data yang lebih akurat mengenai status kesehatan Saudari, seberapa besar kerusakan sel pankreas penghasil insulinnya, dan dosis insulin yang digunakan saat ini. Begitu juga riwayat kesehatan sebelumnya, terkait rawat inap dan kondisi kegawatan yang pernah diderita. Sejauh yang kami tahu, pada pengidap DM 1 dengan kerusakan sel penghasil insulin yang berat sampai mengakibatkan insulin yang dihasilkan sangat sedikit atau bahkan tidak ada, pengobatan yang paling sesuai untuk saat ini masih Insulin. Berbeda dengan DM tipe 2 yang sel pankreasnya lebih sedikit mengalami kerusakan dan masih dapat memproduksi insulin, sehingga pilihan pengobatannya pun lebih banyak.

Terdapat beberapa klaim obat alternatif untuk diabetes, salah satunya adalah ekstrak daun salam. Akan tetapi, kami belum mendapatkan bukti yang kuat apakah klaim tersebut dapat digunakan untuk penderita DM tipe 1. Kalaupun ingin dipergunakan, saran kami tetaplah berkonsultasi dengan dokter Saudari untuk mempertimbangkan baik buruknya dan kesesuaian dengan terapi insulin yang tengah Saudari jalani.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Apakah Diabetes Dapat Menurun ke Anak?