Kram Saat Naik Mobil

1359

Kram Saat Naik Mobil

Pertanyaan:

Dok, kenapa yah kalo saya naik mobil suka kram. Kram-nya tuh di kaki, tangan, muka, perut Dok. Sebelum kram tuh keluar keringet dingin dulu terus kesemutan langsung kram Dok. Tolong beritahu saya Dok, saya punya penyakit apa?

Dari: Very

Jawaban:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudara Very, terima kasih atas pertanyaan yang telah diajukan, kami mohon maaf atas keterlambatan dalam merespon pertanyaan Saudara, dikarenakan kesibukan kami.

Menarik sekali pertanyaan yang Saudara ajukan. Dari pemahaman kami, gejala ini timbul hanya ketika naik mobil, benar demikian? Kami menyayangkan data yang Saudara berikan masih terlalu umum, karenanya kami akan sedikit mencoba menyimpulkan kondisi ini berdasarkan kecenderungan terkuatnya. Kram pada asalnya disebabkan oleh penurunan aliran darah dan oksigen sementara pada saraf, misalnya karena posisi tertekuk atau terhimpit dalam jangka waktu agak lama, atau kontraksi otot yang berlebihan. Jika tidak didapatkan kodisi seperti ini, maka dapat dicek lagi hal hal berikut ini:

Pertama, perlu didetailkan lagi, apakah gejala timbul setiap kali akan naik mobil, atau ketika mulai masuk mobil, atau ketika mobil sudah berjalan?

Kedua, apakah gejala ini terbatas pada mobil saja, atau juga pernah timbul pada keadaan lain, misalnya di lift, atau tempat sempit lainnya?

Ketiga, apakah ada gejala penyerta, seperti pusing, mual, muntah, jantung berdebar kencang, nafas atau dada terasa sesak?

Keempat, sejak kapan gejala ini diderita, apakah sejak kecil atau baru-baru ini? Jika baru atau belum lama, kira-kira kapan mulai timbulnya dan terkait dengan peristiwa apa?

Kelima, apakah gejala kram menetap selama naik mobil, atau pernah membaik dengan sendirinya selama Saudara masih berada di mobil? Ataukah membaik ketika Saudara turun dari mobil?

Keenam, sudahkah Saudara memeriksakan gejala ini, misalnya ke dokter atau selainnya? Bagaimana tanggapan mereka?

Secara umum dari yang kami ketahui, jika suatu gejala spesifik, misalnya pusing atau jantung berdebar kencang atau gemetaran, timbulnya terkait erat dengan satu peristiwa tertentu, dan tidak ditemukan atau tidak dirasa mengganggu di luar dari peristiwa tersebut, maka hampir dapat dipastikan bahwa gejala tersebut tidak berbahaya. Gejala tersebut bisa dipicu oleh phobia akan situasi atau tempat tertentu tersebut. Kemungkinan ada riwayat tidak mengenakkan di masa lalu terkait situasi tersebut, yang traumatis hingga saat ini. Bisa juga dikarenakan kekhawatiran berlebihan saat menghadapi situasi tersebut. Diagnosis yang mendekati untuk keluhan ini, di antaranya adalah gejala psikosomatis.

Kami sarankan Saudara Very untuk merujuk kembali pada pertanyaan di atas, dengan mengingat kembali riwayat timbulnya gejala kram tersebut. Jika benar terkait peristiwa traumatik, atau gejalanya hanya terbatas pada mobil saja dan bisa membaik sendiri setelah beberapa lama berada di dalam mobil, kemungkinan yang diderita adalah gejala psikosomatis. Saudara bisa mencoba teknik sederhana, seperti lebih perlahan saat akan naik mobil, kemudian ketika sudah di dalam, bernafas pelan dan dalam sambil membaca doa-doa memohon kemudahan dari Allaah Azza wa Jalla, kemudian jika kram datang, ruqyahlah dengan doa-doa ruqyah yang dituntunkan Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Jika belum mereda, Saudara juga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan spesialis penyakit dalam sub spesialisasi psikosomatis, untuk keterangan lebih lanjut.
Allahu Ta’ala a’lam, semoga ada manfaatnya,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

SHARE
Previous articleDeg-degan Kencang di Usia Senja
Next articleMasalah Kandung Kemih
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.