Rubrik Kesehatan: Tensi Darah Sering Turun

1467

Tensi Darah Sering Turun

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Dokter, saya laki-laki umur 32 tahun. Tinggi badan kurang lebih 175 cm. Kenapa ya tensi saya sering turun, sering sampai 90?

Kalau sedang tegang karena ada berita buruk atau terpancing emosi, jantung berdebar-debar kencang. Bahaya tidak itu Dok?

Dari: Slamet

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Saudara atas pertanyaan yang diajukan.

Mengenai tekanan darah yang sering turun, terlebih dahulu harus diketahui berapa tekanan darah Saudara pada kondisi normal. Karena berdasarkan pengalaman kami, ada sebagian individu yang memang memiliki tekanan darah sistolik normal 90 mmHg. Mereka beraktivitas normal dan biasa, dan justru mengalami keluhan kesehatan jika tekanan darahnya melebihi nilai tersebut. Jika memang tekanan darah sistolik Saudara normalnya adalah 90 mmHg, maka insya Allah tidak ada yang perlu dirisaukan.

Adapun jika normalnya di atas nilai tersebut, misalnya 110 mmHg, maka perlu diperiksakan lebih lanjut, mengenai kapan saja Saudara menderita penurunan tekanan darah tersebut, gangguan yang Saudara rasakan terkait penurunan tekanan darah tersebut, dan adanya tanda lain terkait hal tersebut, misalnya keringat dingin, pening, pandangan berkunang-kunang, dan lainnya. Tekanan darah dipengaruhi oleh sistem saraf otonom (disebut juga sistem saraf yang bekerja diluar kesadaran kita), yakni sistem simpatis dan parasimpatis. Gangguan pada sistem tersebut dapat menimbulkan kelainan bukan saja pada tekanan darah, namun pada semua sistem yang diaturnya, seperti suhu tubuh, keringat, dll.

Jantung yang berdebar kencang karena ada pemicunya, misalnya seperti yang Saudara kemukakan, pacuan emosional, masih tergolong wajar, salah satunya karena merupakan bagian dari rangkaian respon tubuh dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, atau respon terhadap sinyal ‘stress’ yang dikeluarkan oleh otak.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com