Efek Samping Obat Perapet

1795

Obat Perapet dari Madura

Pertnyaan:
Asallamu’alaikum

Pertanyaan saya, apakah seringnya mengonsumsi obat parapet wanita atau menggunakan tongkat madura bisa menyebabkan penyakit? Atau tidak punya keturunan?

Mohon penjelasan, terima kasih. Wassalam

Dari: Hesby

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan.

Kami mohon maaf tidak dapat menjawab pertanyaan Saudara, apakah sering mengonsumsi atau menggunakan alat yang diklaim berfungsi untuk memperbaiki kondisi organ kewanitaan tersebut berpengaruh pada kesehatan, sebab data mengenai kandungan atau bahan aktif zat tersebut sangatlah minim. Pengetahuan mengenai bahan aktif dan cara kerja suatu jamu maupun obat sangatlah diperlukan untuk mengetahui pengaruhnya pada tubuh dan kemungkinan efek sampingnya. Kurangnya kejelasan dari produsen mengenai bahan aktif, cara pengolahan, dan pemrosesan obat, dosis, serta cara kerjanya, dapat berdampak pada penyalahgunaan produk.

Kami sarankan agar setiap muslim lebih berhati-hati dan kritis dalam menjaga kesehatannya, dan tidak mudah tergiur dengan klaim yang diajukan para produsen produk, terlebih tanpa keterangan yang jelas atau bukti ilmiah yang dapat dijadikan acuan.

Wallahu Ta’ala a’lam.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com