Rubrik Kesehatan: Kulit Berkerut di Usia Remaja

4928

Kulitku Bermasalah

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Pak Dokter saya mau nanya nih, usia saya 15 tahun. Kenapa ya kulit saya baru 15 tahun, tapi kulit wajah saya kendur sekali, terlihat lesu dan sembab; mata saya turun, kelopak mata saya hitam, dan di bawah mata saya tumbuh kantung mata, serta ada garis senyum di wajah saya walaupun saya sedang tidak tersenyum. Kulit saya kalau bicara gampang sekali mengerut apalagi kalau saya tertawa wajah saya mengerut semua terutama di bagian mata. Saya minder sekali.

Apa ini tanda saya kekurangan lemak?

Soalnya memang badan saya lembek sekali dan badan saya kurus sekali. Berat badan saya hanya 34 kg, sementara tinggi saya 152 cm. Saya rajin minum susu dari dulu, juga saya perawatan juga, misalnya pakai pembersih kulit dan pelembab teratur. Saya bingung sekali, kira-kira kenapa kulit saya bisa begitu ya dokter? Terus solusinya gimana?

Terima kasih

Dari: Namira

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan.

Secara umum, kulit yang gampang berkerut, kemudian tampak kusam, dapat terjadi pada kondisi kekurangan nutrisi. Nutrisi disini tidak saja dalam bentuk nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, namun juga mikro seperti berbagai macam vitamin dan mineral. Khususnya pada jenis kulit kering.

Dari data yang Saudari berikan, jumlah Indeks Massa Tubuh Saudari adalah sekitar 14.7, yang jauh dibawah standar normal yakni minimal 18.5. Meskipun penggunaan IMT untuk massa tubuh baru valid digunakan pada usia diatas 18 tahun, namun dengan jumlah serendah itu, meski pada remaja, dapat kita katakan bahwa Saudari memang kekurangan lemak tubuh.

Massa otot dan lemak tubuh berperan penting dalam membuat kulit lebih berisi dan kencang, meski jika berlebih juga tidaklah baik bagi kesehatan. Namun yang ingin ditekankan disini adalah perlunya mencapai standar berat tubuh yang ideal, baik bagi kesehatan, juga kecantikan.

Untuk itu kami anjurkan Saudari:

– Meningkatkan berat tubuh untuk mencapai berat tubuh ideal. Lakukan dengan bertahap saja agar tidak memberatkan.

– Konsumsi makanan yang Saudari pilih juga mempengaruhi kesehatan dan kesegaran kulit. Protein berkualitas baik, seperti ikan, lemak sehat dari minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Karbohidrat sehat dari berbagai jenis sayur dan buah menjadi pilihan yang baik untuk memperbaiki tekstur dan kesehatan kulit.

– Kenali jenis kulit Saudari. Penggunaan pembersih muka yang tidak sesuai justru menyebabkan masalah kulit lebih berat dan pencucian wajah yang terlalu sering justru melarutkan kelembaban alami kulit sehingga kulit menjadi kering dan mudah berkerut.

– Gunakan kosmetik seminimal mungkin, dan pilihlah pelembab dengan jenis yang ringan dan sesuai dengan tipe kulit Saudari.

– Berolahragalah dengan teratur, dengan memperhatikan batasan-batasan aurat muslimah, dan kondisi yang kondusif. Olahraga membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit wajah, sehingga hasilnya kulit menjadi lebih kenyal dan segar.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)