Rubrik Kesehatan: Senam Ibu Hamil

2738
artikel ibu hamil

Bahayakah Senam Kesegaran untukĀ  Ibu Hamil?

Pertanyaan:
Assalamuā€™alaikum

Apakah berbahaya senam kesegaran jasmani untuk ibu hamil ? usia kandungan saya saat ini 14 minggu

Dari: Sari

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami. Kami berharap semoga masih dapat memberikan tambahan informasi bagi Ibu.

Olahraga pada kehamilan pada prinsipnya dianjurkan, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Olahraga ringan dan teratur membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Ibu, meningkatkan stamina selama kehamilan, dan menjaga kebugaran Ibu.

Adapun pada trimester pertama, yakni usia kehamilan 0-12 minggu, olahraga, khususnya yang berat atau yang banyak loncatan, lompatan, atau hentakan, sebaiknya dihindari dulu. Namun demikian, diatas trimester pertama pun, jenis dan intensitas olahraga tetap harus diperhatikan, demi menjaga kesehatan dan kenyamanan ibu dan bayi. Olahraga yang cukup baik dilakukan adalah berjalan kaki ringan di pagi hari, serta berenang.

Adapun senam kesehatan jasmani, perlu ditinjau kembali Ibu, jika gerakannya bersifat melompat atau menghentak, atau saat senam Ibu justru menjadi sulit bernafas (ngos-ngosan) dan kelelahan, hendaknya dihindari. Atau, ikutilah gerakan yang sifatnya ringan dalam senam tersebut, seperti peregangan sendi dan jalan di tempat, atau semisal itu, dan tinggalkan gerakan yang menghentak.

Wallahu Ta’ala a’lamu. Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)