Kesehatan: Kadar Konsumsi Harian Habbatussauda

7315
herbal habatus saudah

Kadar Minum Habbatussauda

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Dokter

Semoga Anda, saya, kru konsultasi syari`ah selalu dalam rahmat dan lindungan Allah Ta`ala.

Saya ingin menanyakan masalah habbatussauda. Kebetulan saya lumayan sering konsumsi habbatussauda (kapsul minyak) dan juga kebetulan saya penjual.

Yang ingin tanyakan, berapa kapsul batas bolehnya kita mengonsumsi habatussauda dalam keadaan insya Allah sehat wal’afiat untuk per harinya? Dan adakah efek samping jika kita terlalu banyak konsumsi habbatussauda?

Jazakumullah khair.

Dari: Robiq

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Saudara Robiq atas pertanyaan menarik yang Saudara ajukan.

Habbatussauda (Nigella Sativa), memang merupakan tumbuhan dengan biji tumbuhan dengan beragam khasiat, walhamdulillah. Namun untuk dosis minumnya, sepengetahuan kami, terutama untuk orang sehat, belum ada standardisasi berapa sebaiknya. Yang kami dapatkan baru berupa dosis untuk penyakit tertentu saja. Karena memang fungsi utamanya sebagai sarana penyembuh.

Pada dasarnya, dalam studi pra klinik, dosis lethal (mematikan) dari habbatussauda’ cukup tinggi, yakni sekitar 22,4 ml/kg berat badan, atau jika dikonversikan, sama dengan mengonsumsi sekitar 38 kapsul habbat @ 600 mg dalam sekali minum. Jadi dibawah batas tersebut, insya Allah masih aman. Terlebih lagi dosis yang biasanya digunakan untuk pengobatan baik tunggal maupun ramuan herbal jauh lebih sedikit.

Namun demikian, hendaknya setiap orang yang sehat tidak sembarangan mengonsumsi habbatussauda karena merasa efek sugestinya, dan sebaiknya mengonsultasikannya pada herbalis yang berpengalaman.

Demikian juga laporan efek samping penggunaan habbatussauda masih minim, kebanyakan berhubungan dengan gejala saluran cerna seperti mual dan muntah. Ada juga yang menyatakan bahwa hal ini adalah akibat proses pengeluaran racun dari tubuh yang dipicu oleh habbatussauda.

Wallaahu a’lamu, dalam hal ini kami tidak dapat menjawab pertanyaan Saudara karena tidak menemukan sumber penelitian yang dapat diandalkan yang menyatakan mengenai efek samping konsumsi habbatussauda.

Wa jazakumullahu khairan.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz – Dewan Pembina rubrik kesehatan Konsultasi Syariah

SHARE
Previous articleObat Herbal Untuk Asma
Next articlePenyebab Mimisan dan Cara Menanggulanginya
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.