Pantangan Untuk Orang yang Hipertensi

1726
hipertensi

Makanan Penderita Hipertensi

Pertanyaan:

Apa makanan yang paling dilarang untuk dikonsumsi oleh seorang yang hipertensi?

Dari: Berlian

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan.

Hipertensi dicirikan oleh tingginya tekanan darah diatas ambang batas tertentu. Yang menjadi kekhawatiran terbesar pada penderita adalah komplikasi jangka panjang dari hipertensi tersebut, seperti stroke, gagal jantung, pengerasan pembuluh darah, gagal ginjal, dan komplikasi lainnya, termasuk perburukan ke arah timbulnya sindrom metabolik, suatu sindrom yang diantaranya terdiri dari hipertensi, diabetes mellitus, dan hiperlipidemia (kadar lemak dalam darah yang tinggi). Oleh karena itu, menjaga tekanan darah merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh penderita hipertensi, salah satunya melalui menjaga makanan.

Penderita hipertensi diharuskan menghindari konsumsi natrium dalam diet sehari-hari, yang banyak terdapat di dalam garam. Selain garam, minuman bersoda maupun makanan dalam kemasan terkadang juga mengandung banyak natrium, yang juga harus dihindari. Natrium merupakan zat utama yang harus dihindari oleh penderita hipertensi dalam jumlah berlebih.

Zat makanan lainnya yang sepatutnya dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans, yang terdapat diantaranya pada daging merah.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jawaban dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)