Kista di Kehamilan 6 Bulan, Haruskah Caesar?

2860
hamil tua

Kista di Kehamilan 6 Bulan

Pertanyaan:

Assalamu’alakum

Dokter, saya ada pertanyaan. Istri saya sedang hamil 6 bulan. Sudah saya periksakan rutin tiap bulannya ke dokter. Tetapi di dalam rahim juga terdapat kista seukuran 5×6 cm.

Apakah bisa kista keluar bersamaan dengan saat kelahiran normal?

Ataukah harus dengan kelahiran caesar? Saya mendapatkan beberapa pendapat dari beberapa dokter dan bidan ada yang bisa kista keluar dengan kelahiran normal, namun ada juga yang mengharuskan denagan kelahiran caesar.

Terima kasih sebalumnya.

wassalamu’alaikum

Dari: Doni

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan .

Kista pada saat kehamilan memiliki peluang untuk mengecil, menetap, atau tetap tumbuh seiring dengan kehamilan. Kami belum mendapatkan literatur pasti mengenai sifat kista, namun mengenai apakah kista bisa keluar bersamaan dengan kelahiran atau perlu dikeluarkan bersama dengan operasi, hal ini erat kaitannya dengan perkembangan kista seiring kelahiran nanti.

Jika kista tidak mengecil, dan menimbulkan gangguan pada saat bayi akan berputar masuk ke dalam panggul, maka kemungkinan besar operasi perlu dilakukan. Namun ada kalanya pula kista justru mengecil, sehingga kelahiran normal dapat dilakukan. Hal ini tentunya memerlukan diskusi dan pemantauan yang intens dengan dokter kandungan istri Bapak saat ini.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)