Kesehatan Wanita: Ciri-ciri Kanker Payudara

2402
benjolan payudara

Benjolan di Payudara

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Salah satu ciri kanker payudara katanya ada benjolan. Benjolan itu adanya di luar atau di bagian dalam? Karena saya merasakan jika memegang payudara kanan, terdapat daging keras tapi tidak sakit di bgian dalam.

Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya

Dari: Yestri

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih Ibu atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Benjolan pada kanker payudara jika sudah mencapai ukuran cukup besar untuk teraba, dapat dirasakan pada daerah anatomis payudara, hingga bagian ketiak. Benjolan pada kanker diantaranya bersifat keras, melekat erat pada dinding dada sehingga tak dapat digerakkan (terfiksir), tidak nyeri, dan sekelilingnya kadang menyatu langsung dengan benjolan.

Pada jenis kanker tertentu benjolan dapat meradang, memerah, dan pecah. Benjolan juga dapat ‘menarik’ kulit di atasnya sehingga kulit tampak tertarik ke dalam membentuk takik. Pada kondisi sudah sangat besar, benjolan dapat membesar dan tampak dari luar, merah dan bengkak.

Pada pemeriksaan mandiri harus berhati-hati untuk membedakan benjolan dengan kelenjar normal payudara. Terkhusus mendekati saat menstruasi, kelenjar tersebut akan membesar sehingga jika tidak mengetahuinya, maka akan salah mengira bahwa kelenjar adalah benjolan.

Oleh karena itu, proses pemeriksaan payudara secara mandiri maupun klinis dianjurkan setelah menstruasi untuk menghindari kesalahan pemeriksaan. Kelenjar normal akan teraba agak keras, namun tidak membentuk benjolan dan dapat digerakkan. Jika masih ragu, maka kami anjurkan Ibu untuk memeriksakan diri ke petugas kesehatan terlatih, semisal bidan atau dokter untuk melakukan pemeriksaan payudara klinis.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)