Rubrik Kesehatan: Belum Hamil Karena Suami Sibuk dan Perokok

1582
mendambakan anak sehat dan shalih

Belum Dikaruniai Anak

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Mau tanya Dok, saya sudah menikah 1 tahun dan belum dikaruniai keturunan. Setelah di cek ke Lab, ternyata (maaf) sperma suami saya tidak gesit/gerakannya lambat dan lebih banyak yang bergerak di tempat atau tidak bergerak. Menurut dokter suami saya kecapean dan juga perokok.

Yang ingin saya tanyakan, selain obat-obatan dari dokter apa ada cara yang alami, misalkan makan tauge atau ada cara lain.

Terima kasih.

Wassalam

Dari: Masya

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada tim kami.

Keadaan motilitas sperma yang lemah, yang normalnya dibutuhkan minimal sekitar 32% sperma yang bergerak progresif untuk memungkinkan terjadinya pembuahan, dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah nikotin, juga paparan racun pada lingkungan seperti pestisida, obat-obatan seperti steroid anabolik, kortikosteroid lainnya, infeksi, paparan panas yang berlebih dalam 3 bulan terakhir, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, hendaknya yang pertama kali diusahakan adalah agar suami Ibu menghentikan konsumsi rokok. Istirahat yang cukup dan kondisi lingkungan yang relaks serta minim radiasi (termasuk sumber radiasi adalah telepon seluler yang diletakkan di kantung celana atau dekat dengan testis), dan konsumsi rutin habbatussauda’ yang secara invitro terbukti membantu memperbaiki produksi dan motilitas sperma. Habbatussauda’ (sekitar 3 kapsul) dapat dicampur dengan madu (sekitar 2 sdm) dan ekstrak pegagan yang didapat dari rebusan daun pegagan (sekitar 15 g), diminum hangat, 2 kali sehari; atau resep lainnya sesuai anjuran herbalis yang ahli dalam penggunaan obat ini.

Hendaknya Ibu dan suami dan Ibu, beserta kaum muslimin secara umum, senantiasa mendahului dan mendampingi ikhtiar dan kesabaran dengan memperbanyak doa dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Dan melengkapinya dengan tawakkal dan ridha dengan segala takdir Allah Yang Maha Adil, dan tidak berputus asa dari rahmat-Nya. Sesungguhnya Allah Ta’ala Maha Mampu mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarkatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehtan KonsultasiSyariah.com)