Bercak Merah di Wajah

2843

Bercak Merah di Wajah

Pertanyaan:

Saya berusia 35 tahun, sudah 2 tahun ini wajah saya muncul bercak merah seperti jerawat. Ketika muncul rasa sedikit pusing, kemudian saya obati dengan obat ketoconazole tablet, alleron, dan gratazon langsung sembuh dan hilang. Saya minum ketoconazole sehari 1  tablet dan untuk alleron dan gratazon sehari 3 tablet. Tetapi 3 sampai 5 hari kemudian setelah tidak minum ketiga obat tersebut muncul lagi. Demikian seterusnya jadi saya selalu minum ketiga obat tersebut sampai sekarang selama 2 tahun. Pertanyaan saya :

1. Munculnya bercak  merah itu termasuk alergi apa jerawat?

2. Apa akibat sering mengkonsumsi obat ketoconazole, alleron, dan gratazon.

3. Obat apa yang sebaiknya saya minum untuk mengobati jika muncul bercak merah di wajah dan pusing di kepala?

4. Bagaiman cara supaya tidak muncul bercak merah diwajah itu lagi setelah sembuh?

Atas saran dan jawabannya diucapkan terima kasih.

Dari: Indra

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada tim kami.

Langsung saja kepada pertanyaan Bapak:

1. Bercak merah menyerupai jerawat pada wajah, disertai kepala pusing, merupakan keluhan yang belum spesifik sehingga kami tidak dapat menentukan kemungkinannya. Jika Bapak memiliki riwayat alergi terhadap bahan tertentu, dan setelah diperhatikan kemunculan bercak tersebut ada hubungannya dengan bahan tersebut, maka kemungkinan bercak tersebut timbul karena alergi. Kemungkinan ini juga ditunjang fakta gejala menghilang dengan obat-obatan antialergi. Namun hal ini perlu diperiksakan lebih lanjut.

2. Konsumsi rutin ketiga obat tersebut, tanpa indikasi medis yang jelas, sangat tidak dianjurkan. Ketokonazole merupakan obat antijamur, dan jika tidak dimonitor dengan hati-hati, konsumsinya dapat menyebabkan kerusakan pada liver (hepatotoksik). Alleron adalah antialergi, dengan komponen aktif chlorpheniramine maleat, pada dasarnya merupakan jenis obat yang cukup aman dikonsumsi, meski demikian, efek samping yang cukup berbahaya adalah timbulnya kelainan darah (terganggunya kualitas, fungsi, serta struktur salah satu atau lebih sel darah). Gratazon sendiri berisikan bahan aktif deksametason 0.5 mg, yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis besar diantaranya dapat menyebabkan perlukaan pada lambung, osteoporosis, dan patah tulang belakang.

3 dan 4. Untuk mengetahui jenis obat yang sesuai untuk Bapak, terlebih dahulu perlu diketahui diagnosis pasti penyebab munculnya bercak tersebut. Pengetahuan akan penyebab munculnya ini jika berguna untuk mencegah kekambuhan dikemudian hari. Jika penyebabnya adalah alergi, atau iritasi terhadap suatu bahan tertentu, maka perlu Bapak teliti kembali jenis bahan atau kondisi apa, atau makanan dan obat apa, yang kemungkinan berkaitan dengan timbulnya gejala. Selanjutnya, hendaknya faktor tersebut dihindari atau diminimalisir kontak dengannya.

Semoga Allah Ta’ala menganugerahkan kesembuhan yang sempurna tanpa meninggalkan bekas bagi Bapak, dan seluruh kaum muslimin yang tengah didera sakit.

Semoga yang sangat sedikit ini ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

SHARE
Previous articleObat Cacing Untuk Bayi
Next articlePenebalan Pada Dinding Rahim
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.