Cara Menghilangkan Ketombe

2492
Cara Menghilangkan Ketombe dan Kutu Rambut

Menghilangkan Ketombe

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, Rambut saya kering dan berketombe, bagaimana caranya agar rambutnya sehat tanpa ketombe? Dan bila ada herbal pakai apa?

Dari: Fathan

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Ketombe, yang merupakan kulit kering yang berbentuk serpihan kecil maupun agak besar, bisa bersifat kering maupun berminyak, berwarna mulai putih hingga kuning, dapat disebabkan oleh jamur, tumpukan kulit kering yang mati, atau tertinggalnya bahan kimia dari shampoo atau produk penataan rambut lainnya. Salah satu teori menyatakan bahwasanya ketombe dapat disebabkan hiperaktivitas sistem imun terhadap bahan asing yang menempel pada kulit kepala.

Ketombe ringan dapat diatasi dengan shampoo anti ketombe khusus, yang digunakan dengan cara mengoleskan shampoo ke kulit kepala, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibilas hingga benar-benar bersih.

Shampoo dapat digunakan setiap hari untuk mengurangi penumpukan sel kulit mati, kemudian frekuensinya dapat dikurangi dalam kadar yang seminimal mungkin namun tetap dapat mengontrol ketombe. Ketombe yang lebih berat memerlukan peresepan obat-obatan anti ketombe dengan lebih intensif, sekaligus pemeriksaan terhadap adanya kelainan lain di kulit kepala. Pemeriksaan dapat dilakukan kepada dokter spesialis kulit.

Herbal yang dipercaya berkhasiat menghilangkan ketombe adalah habbatussauda’, minyak zaitun, dan fenugreek (hulbah). Misalnya dengan konsumsi rutin minyak habbatussauda’ dan mengoleskan minyaknya ke rambut dan didiamkan beberapa saat, kemudian dibersihkan dengan menyeluruh. Adapun fenugreek, dapat dimasak kemudian hasilnya digunakan untuk mencuci rambut secara rutin.

Wallahu Ta’ala a’lam.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)