Pengangkatan Kantung Empedu, Bahayakah?

1993
operasi

Pengangkatan Kantung Empedu

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Dok, saya sudah tidak mempunyai empedu, apa obat/herbal yang cocok untuk menanganinya? Apakah obat/herbal tersebut harus dikonsumsi setiap hari dengan cara yang teratur?

Sekian dari saya, jazakumullah khairan

Dari: Shidiq

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Saudara yang dirahmati Allah Ta’ala, zat empedu di dalam tubuh kita tidak diproduksi di dalam kantung empedu, melainkan oleh sel-sel hepar (liver; hati). Kantung empedu berfungsi sebagai penampung bagi empedu yang dihasilkan oleh hepar, dan ketika ada stimulus untuk mengeluarkan empedu tersebut, seperti adanya lemak pada makanan yang masuk ke dalam usus halus, maka kantung empedu akan berkerut (kontraksi) untuk mengeluarkan empedu di dalamnya untuk membantu pencernaan lemak.

Jika yang Saudara maksudkan adalah tidak lagi memiliki kantung empedu, meskipun kantung empedu memiliki fungsi penting dalam pencernaan, namun pengangkatannya secara umum tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang signifikan. Selama fungsi hepar sendiri masih baik untuk memproduksi empedu.

Pasien yang mengalami pengangkatan kantung empedu insya Allah tetap dapat hidup dengan kualitas baik. Keluhan yang dilaporkan pada sebagian penderita seperti tinja yang lebih cair, kembung, dan banyak gas di dalam perut, biasanya bersifat ringan dan tidak memerlukan terapi khusus.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)