Kesehatan: Mimisan Berulang-ulang

2019
sering mimisan

Mimisan Berulang-ulang

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Dok, saya mau tanya. Begini Dok, saya punya adik laki-laki sekarang berusia sekitar 7 tahun. Awalnya dia tidak pernah mimisan, terus ketika berusia sekitar 3 tahun dan bermain sama temannya, hidungnya dipukul sampai mimisan. Semenjak kejadian itu adik saya jadi sering mimisan sekarang.

Apakah adik saya selamanya akan mimisan seperti itu Dok?

Terima kasih jawabannya

Dari: Fithri

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Mimisan (epistaksis) yang berulang memerlukan pemeriksaan yang seksama. Meskipun terdapat kasus-kasus dengan penyebab yang belum diketahui pasti, namun yang telah diketahui diantaranya adalah trauma berulang di daerah selaput lendir hidung yang rentan, adanya deviasi septum nasal (bagian yang membatasi rongga hidung kiri dan kanan, deviasi menyebabkan ada daerah selaput lendir yang cenderung kering dan rapuh), peradangan akibat infeksi bakteri atau virus, gangguan sistem pembekuan darah dan komposisi sel darah, tumor, migraine, dan kelainan bawaan pada jalinan pembuluh darah yang menyebabkannya cenderung rapuh dan pecah.

Kami sarankan untuk membawa adik Saudari ke dokter ahli THT untuk pemeriksaan lebih seksama, dengan menyampaikan kekhawatiran keluarga mengenai riwayat penyakit adik Saudari tersebut. Insya Allah, jika penyebabnya telah diketahui dengan pasti dan ditangani, mimisan dapat dihentikan.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)