Kesehatan: Deodoran Dapat Menimbulkan Kanker

1777
deodoran penyebab kanker payudara

Apakah Deodoran Dapat Menimbulkan Kanker?

Pertanyaan:

Saya mau bertanya apakah deodoran dapat mempengaruhi terjatinya kangker atau tumor payudara?

Apakah deodoran itu berbahaya? Soalnya saya suka merasakan sakit di pinggir payudara dekat ketiak dan ada benjolan di ketiak dan di bawah payudara. Kalau saya sudah merasakan sakit, badan deman dan panas dingin. Sejauh ini saya belum periksa ke dokter.

Terima kasih

Dari: Friska

Jawaban:

Memang cukup banyak klaim yang menduga deodoran dapat meningkatkan risiko terjadinya tumor maupun kanker payudara, namun hingga saat ini belum didapatkan bukti ilmiah yang valid yang mendukung klaim tersebut. Sehingga untuk saat ini, dapat dikatakan bahwa pemakaian deodoran tidak berbahaya, sepanjang digunakan pada kulit yang sehat (tidak luka), dan tidak timbul reaksi alergi/iritasi akibat komponen deodoran tersebut.

Benjolan di ketiak, jika teraba agak padat, kenyal, mudah digerakkan dan kadang nyeri, kemungkinan besar disebabkan oleh peradangan kelenjar getah bening di daerah tersebut. Peradangan itu sendiri dapat dikarenakan oleh pemakaian deodoran (ketidakcocokan dengan komponen deodoran), atau infeksi dan peradangan karena sebab lain.

Jika pembengkakan tersebut disertai demam, kemungkinan besar penyebabnya adalah peradangan atau infeksi akibat bakteri atau virus atau sebab sistemik lainnya, dan bukan karena deodorannya. Insya Allah, setelah infeksi atau peradangan mereda, nyeri dan bengkak pada kelenjar tersebut juga akan mereda.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)