Sperma “Tumpah” Berakibat Tidak Terjadi Pembuahan?

4261
kualitas sperma laki-laki

Rubrik Kesehatan: Sperma Tumpah Pasca Berhubungan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Dok, istri saya kalau akan haid merasa sangat kesakitan, apakah itu gak normal?

Terus, jika sperma dari suami yang masuk saat berhubungan tidak tinggal (keluar kembali sedikit demi sedikit; sesaat setelah berhubungan, saat istri duduk atau berdiri dan berjalan). Jika begitu gak bisa hamil ya Dok? Dan apakah itu berarti penyakit? Mohon solusinya.

Terima kasih.

Dari: Fadjar

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Rasa nyeri menjelang dan diawal menstruasi bisa jadi merupakan mekanisme fisiologis tubuh, yakni karena kontraksi otot-otot rahim yang kuat menjelang menstruasi, tapi bisa jadi disebabkan oleh penyakit seperti endometriosis (tumbuhnya jaringan rahim diluar rahim), polip rahim, mioma, dan lainnya.

Nyeri yang bukan disebabkan penyakit biasanya mulai dirasakan pada tahun-tahun awal mengalami menstruasi dan dapat berlanjut hingga beberapa tahun. Sedangkan yang disebabkan penyakit, biasanya terjadi di usia 30 tahun keatas, meskipun bisa saja usia 20 tahun-an sudah mengalami gejala tersebut; keluhan juga bisa disertai perubahan siklus menstruasi yang memanjang atau tidak teratur, atau jumlah darah haid yang lebih deras dari biasanya. Untuk membantu memastikan, hendaknya Saudara dan istri memeriksakan diri pada dokter ahli kandungan.

Jika semen yang mengandung sperma keluar lagi setelah berhubungan, dan tidak ada yang tertinggal di dekat leher rahim (lokasi biasanya semen tertampung setelah dikeluarkan), maka dapat dipastikan tidak terjadi pembuahan dan kehamilan. Hal ini sepengetahuan kami bukanlah penyakit, namun disarankan bagi istri untuk tidak langsung bangkit setelah berhubungan, lebih baik dilanjutkan dengan berbaring selama 15-30 menit agar semen tidak mudah keluar kembali.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)