Wasir

1658
wasir

Sakit Wasir

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Dok, saya mau tanya. Penyakit awal saya adalah wasir dan sudah saya konsul di rumah sakit. Namun seiring berjalannya waktu, penyakit itu balik lagi dan kemudian darah yang asalnya merah berubah kehitam-hitaman.

Kira-kira penyakit apa ya Dok yang saya alami ini? Dan apa yang terjadi kelanjutannya bila kurang waspada terhadap penyakit ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Wassalam

Dari: Andry

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Warna darah yang keluar dari saluran cerna, biasanya bervariasi menurut lamanya waktu darah tersebut berada di dalam saluran cerna. Darah dari saluran cerna bagian bawah, seperti bagian ujung usus besar (rektum) dan anus umumnya berwarna merah segar karena waktunya di dalam saluran cerna hanya sebentar, sedangkan darah dari saluran cerna bagian atas, seperti lambung dan bagian awal usus halus, cenderung berwarna merah kehitaman atau hitam karena mengalami penguraian akibat lebih lama berada di dalam saluran cerna (kecuali jika pendarahan sangat banyak, darah yang keluar bisa saja berwarna merah cerah).

Saudara yang kami hormati,

Kondisi yang Saudara alami memerlukan pemeriksaan yang seksama sehingga kami tidak dapat menjawab secara spesifik. Begitu juga prognosis / kelanjutan kedepannya, sangat terkait dengan diagnosis penyakit Saudara yang sekarang. Yang dapat kami sampaikan bahwa jika pendarahan berlangsung terus-menerus, dapat menyebabkan anemia yang berdampak pada kesehatan tubuh seluruhnya. Saran kami, sebaiknya Saudara memeriksakan kembali keluhan Saudara pada ahli kesehatan terdekat, seperti spesialis penyakit dalam, atau spesialis penyakit dalam sub spesialisasi saluran cerna.

Semoga Allah Ta’ala mengangkat penyakit tersebut dari diri Saudara,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pembina Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

SHARE
Previous articleMinyak Zaitun Untuk Ibu Hamil
Next articleSakit Kuning
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.