Kesehatan: Bius Total Menyebabkan Kematian?

3069

Bius Total Menyebabkan Kematian

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Pak Dokter saya mau tanya, apakah benar bius total itu dapat menyebabkan kematian?

Dari: Duva

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Pembiusan total atau anestesi umum (general anesthesia) menggunakan beberapa obat anestesia tertentu, umumnya memiliki 4 stadium:

– Stadium I, ditandai dengan hilangnya rasa nyeri (analgesia) hingga hilangnya kesadaran.

– Stadium II, ditandai dengan kondisi delirium, eksitasi atau hiperrefleks. Dimulai dari hilangnya kesadaran dan refleks bulu mata hingga pernafasan kembali teratur. Stadium II ini berpotensi menyebabkan kematian jika dibiarkan berkepanjangan (diantaranya karena bisa terjadi henti nafas), dan harus segera dilewati.

– Stadium III, ditandai dengan pernafasan yang kembali teratur hingga pernafasan spontan hilang,dan ketegangan otot menurun/lemas. Stadium ini dapat dibagi lagi menjadi 4 bagian (plana), dengan bagian ke 2 merupakan kondisi ideal untuk pembedahan, dan yang ke 4 berpotensi untuk fatal akibat lumpuhnya otot-otot antar tulang rusuk, hingga pernafasan menjadi lemah dan tidak teratur.

– Stadium IV, pernafasan semakin lemah, tekanan darah tidak dapat terukur, denyut jantung berhenti, dan akhirnya berujung pada kematian.

Kondisi fatal diatas dapat terjadi jika anestesi terlalu dalam, misalnya karena dosis obat yang tidak tepat, atau pengawasan tidak dilakukan dengan baik selama proses anestesi dan saat pembedahan berlangsung. Meskipun demikian, dewasa ini fatalitas semakin minimal, walhamdulillah, kemudian karena ilmu dan teknologi yang semakin berkembang.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.