Penyakit Asma Pada Bayi

1720
sakit asma pada anak

Penyakit Asma Pada Bayi

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Saya mau tanya masalah kesehatan. Anak saya umurnya 23 bulan sedang sakit batuk pilek. Kadang-kadang nafasnya mengeluarkan suara “ngrok..ngrok..” tetapi itu terjadi saat dia sakit batuk, itu pun kadang-kadang. Setelah saya bawa ke dokter umum, dokter tersebut memvonis anak saya sakit asma. Apakah benar demikian? Karena di keluarga kami tidak ada yang sakit asma.

Jazakallahu khairan

Wassalamu’alaikum

Dari: Abu Syaima

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Kami mohon maaf tidak bisa memberikan jawaban mengenai benar atau salahnya, karena bagaimanapun kami tidak memeriksa pasien langsung, dan dokter pemeriksa jelas lebih mengetahui kondisi pasien daripada kami.

Yang dapat kami sampaikan bahwa diagnosis asma memang tidak sederhana, dan diperlukan komponen riwayat penyakit yang kronis/berulang, gambaran klinis yang identik semisal mengi, dan pemeriksaan dengan alat spirometer yang sesuai dengan klasifikasi asma. Asma sendiri memiliki beberapa varian, disamping asma dengan sesak nafas, ada juga asma yang predominannya adalah batuk, dsb. Munculnya keluhan penyakit asma merupakan hasil interaksi multifaktorial, dari gen-gen yang rentan menyebabkan asma dan faktor lingkungan, seperti adanya alergen pada lingkungan, gizi yang buruk saat dalam kandungan, dan faktor lainnya. Riwayat asma pada keluarga bukanlah syarat mutlak diagnosis asma, karena interaksi yang multifaktorial diatas. Namun diagnosis asma menjadi semakin kuat, ketika dalam keluarga ada yang menderita asma, atau jenis penyakit alergi lainnya seperti atopi atau rhinitis alergi.

Jika Bapak merasa masih ragu dengan diagnosis sejawat dokter tersebut, dan penjelasan yang diberikan dirasa kurang memadai, tidak mengapa Bapak berusaha mencari pendapat kedua, misalnya dengan berkonsultasi ke dokter spesialis anak yang memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih dalam mengenali tanda-tanda asma pada anak dan penanganannya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.