Dua Kali Mengalami Hamil Anggur

1870
hamil anggur

Hamil Anggur

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok, apa kabar?

Saya mau tanya saya sudah menikah tapi belum juga mempunyai anak. Sekali hamil keguguran, udah 2 kali. Yang saya mau Tanya, orang yang kena penyakit kandungan anggur ini proses penyembuhannya gimana?

Dari: Azhafidn

Jawaban:

Wa’alaikumsalam warrahmatullah.

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami.

Kehamilan anggur biasa dikenal dengan Mola Hidatidosa, setelah tegak diagnosis penyakit ini maka yang harus dilakukan adalah tindakan evakuasi salah satunya dengan kuretase, kuretase bertujuan untuk mengambil jaringan mola hidatidosa. Setelah jaringan mola dibersihkan dengan seksama, biasanya diperlukan pemberian obat oksitosin untuk merangsang kontraksi rahim sehingga mengurangi pendarahan. Selama perawatan di institusi kesehatan dan setelahnya, perlu dilakukan pemeriksaan jumlah hormon hCG untuk mengetahui apakah kadar hormon sudah semakin turun atau tidak. Jumlah hormon hCG yang sangat tinggi, atau menetap setelah beberapa waktu dari proses evakuasi, mengindikasikan adanya keganasan trofoblas (sel dari plasenta) yang membutuhkan kemoterapi.

Evaluasi atau penilaian jumlah hormon hCG dilakukan secara teratur kurang lebih 4 minggu sekali selama 6-12 bulan, selama evaluasi penderita di sarankan untuk mencegah kehamilan, karena kehamilan selama 6-12 bulan pertama setelah tindakan masih ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan anggur ulang walaupun kecil. Pada periode ini, jika kadar hormon hCG kembali normal, maka tidak diperlukan obat-obatan khusus atau metode penyembuhan khusus.

Untuk penanganan dan perencanaan yang lebih sesuai dengan kondisi yang Ibu alami (karena keterangan kami diatas bersifat umum), kami sarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan spesialis kandungan wanita di daerah Ibu.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.