Mudah Lupa Karena Pernah Gegar Otak

3255
lupa ingatan

Mudah Lupa Karena Pernah Gegar Otak

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Dok, saya mau tanya tentang trauma gegar otak. Saya puya seorang teman laki-laki berusia sekitar 22 tahun. Sekitar 5 tahun lalu mengalami kecelakaan dan dirawat di rumah sakit selama hampir 1 bulan. Sekarang sering sekali lupa dan susah sekali konsentrasi serta emosi yang tidak terkontrol dan itu sangat menggangu kerjanya.

Sudah pernah minum habbatussaudah dan propolis sekedar untuk suplemen saja tapi ternyata tidak banyak membantu.

Yang saya tanyakan, apakah ada terapi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi pada orang dengan riwayat gagar tak berat?

Apakah cara berpikirnya bisa pulih kembali seperti dulu, mengingat kecelakaannya sudah lama tapi masih seperti ini. Apakah ada obat yang bisa membantu?

Dari: Yulia

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Adanya gangguan konsentrasi, gangguan memori (mudah lupa, amnesia), emosi yang sulit terkontrol, kelelahan, pandangan menjadi dobel, adalah diantara beberapa tanda yang terjadi setelah benturan pada kepala yang menyebabkan gegar otak (concussion). Pada kasus yang ringan, dimana pasien sadar kurang dari 1 jam setelah kejadian, gejala ini cukup wajar, dan akan membaik dalam beberapa hari hingga minggu, dengan peluang sembuh seperti sedia kala sangat besar. Namun jika benturannya cukup berat, yang biasanya diindikasikan dengan pasien sadar > 24 jam setelah kecelakaan, atau memerlukan perawatan cukup lama di rumah sakit, mingguan sampai bulanan, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan bagian otak yang lebih parah, seperti pembengkakan dan kematian sel otak, dan kemungkinan sembuh sempurnanya pun menjadi lebih kecil (sulit untuk kembali seperti sedia kala).

Pada kondisi seperti ini, khususnya jika sudah lama terjadi, kami mohon maaf tidak mengetahui jenis obat yang dapat membantu memulihkan fungsi otaknya seperti sedia kala. Namun kami sarankan agar penderita tersebut diperiksakan kembali ke dokter spesialis saraf, lebih baik lagi jika di RS tersebut ada klinik memori, yang dapat menilai dan merehabilitasi fungsi memori seseorang. Pemeriksaan kembali ini tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi otak saat ini, dan menentukan terapi serta jenis rehabilitasi yang tepat untuk mengembalikan dan mengembangkan fungsi otak yang masih dapat dikembangkan, berdasarkan kondisi otak terkini.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com