Obat Cacing Yang Aman Untuk Anak

17107

Obat Cacing untuk Anak

Pertanyaan:

Saya punya anak perempuan umur 3 tahun 3 bulan yang kira-kira 2 mingu terakhir ini mengalami gatal di daerah duburnya yang sangat menyiksa. Yang mau saya tanyakan, apa obat cacing kremi yang aman untuk anak umur 3 thn.

Dari: Firo

Jawaban:

Ibu yang dirahmati Allah.

Infestasi cacing kremi (enterobius vermicularis) memiliki gejala yang cukup khas, yakni rasa gatal di sekitar daerah dubur yang intens, khususnya saat malam hari, akibat pergerakan cacing betina ke daerah dubur untuk meletakkan telur-telurnya (zat tertentu pada bagian luar telur juga memicu timbulnya rasa gatal).

Untuk anak > 2 tahun, alternatifnya antara lain adalah menggunakan obat dengan bahan aktif mebendazole (dosis 100 mg, bisa berupa tablet kunyah, yang mungkin perlu diulang pemberiannya setelah selang 2 minggu), atau albendazole (dosis 400 mg, diulang pemberiannya setelah selang 2 minggu). Tidak lupa kami ingatkan untuk membaca terlebih dahulu keterangan obat di kemasan, khususnya jenis-jenis efek samping dan interaksi obat, sebelum meminumkan pada anak. Jika ada keraguan, maka sebaiknya Ibu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

Perlu diingat bahwa telur cacing yang melekat di lingkungan, seperti pakaian, mainan, seprei, dan lainnya, yang telah melekat sebelum terapi dilakukan, dapat bertahan hingga 3 minggu, sehingga dibutuhkan pembersihan dan pencucian yang menyeluruh dari barang-barang tersebut secara rutin, dan jika ada karpet maka disarankan dilakukan penyedotan debu. Anak atau dewasa yang terinfeksi juga masih dapat ‘mengeluarkan’ telur cacing yang dapat hidup sampai sekitar 1 minggu setelah terapi, dan kontak yang dekat memungkinkan penularan maupun reinfeksi, sehingga sebaiknya seluruh anggota keluarga mengkonsumsi obat anticacing secara bersamaan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

SHARE
Previous articleMimisan Saat Kecapekan
Next articleKeluar Darah Ketika Hamil
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.