Keluar Flek Setelah Suntik KB

suntik KB

Flek Setelah Suntik KB

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Dok, saya mau tanya kenapa setelah saya suntik KB sebulan sekali, akhir-akhir ini saya sering kluar flek coklat seminggu sebelum dan setelah haid?

Apkah ini penyakit? Pada awalnya keluar itu lama 15 hari, seminggu kemudian darah haidnya keluar selama seminggu, eh seminggu setelahnya keluar flek lagi.

Jadi saya ragu-ragu untuk melakukan ibadah. Tolong penjelasannya ya Dok!

Terima kasih

Wassalam

Dari: Lia

Jawaban:

Sebelumnya kami jelaskan secara ringkas apa itu suntik KB. Suntik KB adalah menyuntikkan hormon (progesteon) setiap dua belas minggu (3 bulan). Cara kejanya yaitu:

– menghentikan pelepasan telur dari indung telur (menghentikan ovulasi). Sehingga menstruasi akan berrhenti.

– mempertebal mukosa yang dihasilkan oleh leher rahim yang kemudian membentuk sejenis sumbatan mukosa. Keadaan ini dapat menghentikan sperma untuk dapat masuk ke rahim guna membuahi telur.

– membuat pelapisan rahim menjadi tipis sehingga benih yang sudah dibuahi agak susah menempel pada dinding rahim (mencegah kehamilan).

Memang kebanyakan efek samping yang timbul dari suntik KB adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan. Bahkan sekitar 70% pengguna KB suntik bisa tidak mengalami menstruasi. Masing-masing individu memiliki respon yang berbeda-beda ketika memakai suntik KB.

Apabila Anda sudah merasa terganggu dengan efek samping dari suntik KB, Anda bisa ke dokter untuk berkonsultasi mengenai pemilihan metode kontrasepsi lainnya.

Untuk menambah wacana Anda mengenai pemilihan metode KB, silahkan baca:

Cara KB yang Mudah dan Sederhana

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.