Apakah Kista Mengganggu Kehamilan?

3084
kista wanita

Kista Mengganggu Kehamilan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok.

Saya sedang hamil 2 bulan. Terakhir cek ke bidan kemarin di-USG, kehamilan bagus tetapi ada kista kecil di belakang rahim. Dokter bilang nanti akan hilang dan tidak masalah. Sebelumnya saya memang memiliki siklus haid yang tidak teratur, tapi saya tidak memiliki keluhan-keluhan sebelum atau selama haid (seperti sakit melilit di perut, dll).

Apakah kista kecil itu yang menyebabkan haid saya tidak teratur? Dan apakah benar itu tidak berbahaya terhadap kehamilan saya Dok?

Tolong penjelasan dan solusi terapinya..

Syukron jazaakumullahu khairan.

Dari: Ummu Ibrahim

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Ibu yang dirahmati Allah.

Mungkin yang dimaksud kista di belakang rahim, posisinya di dalam rahim namun pada dinding bagian belakang? Jika benar, dan ukuran kista kecil, sepengetahuan kami memang tidak memerlukan terapi atau penanganan khusus, dan dibiarkan saja sembari dipantau.

Pada kebanyakan kasus, kista akan semakin kecil bahkan mengempis dengan semakin besarnya janin, sehingga tidak membahayakan janin. Namun jika kista membesar terus menerus, memang dapat mengganggu pertumbuhan janin, dan karena itu sebaiknya pilihan terapinya didiskusikan dengan dokter spesialis kandungan yang menangani kehamilan Ibu. Untuk saat ini Kami tidak dapat menyarankan terapi dengan obat-obatan atau bahan tertentu karena Ibu sedang hamil, dan konsumsi obat atau bahan lainnya terlebih yang level keamanannya terhadap janin belum terbukti dapat membahayakan pertumbuhan organ-organ janin.

Adapun untuk jawaban apakah kista tersebut yang menyebabkan haid tidak teratur kami mohon maaf tidak dapat menjawab dengan detail karena informasi yang diberikan sangat terbatas, tapi yang dapat kami sampaikan adalah kista yang biasanya mempengaruhi siklus haid secara langsung letaknya di indung telur dan bukan di rahim.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.