Berdarah Saat Buang Air Besar

2564
buang air besar berdarah

Berdarah Saat BAB (Buang Air Besar)

Pertanyaan:

Saya berumur 19 tahun, jenis kelamin laki-laki. Ini saya mengalami suatu keanehan pada saat buang air besar. Saya mengalami sakit perut, biasanya yang terjadi sebelum mau buang air besar. Hal itu bagi saya sudah biasa, namun pada saat saya buang air besar ternyata setelah itu mengeluarkan darah segar. Saya baru mengalaminya, jadi bagaimana saya? Terapi dan hal apa yang bisa saya lakaukan agar hal itu tidak perlu ke dokter?

Dari: Edy

Jawaban:

Saudara yang dirahmati Allah.

Adanya darah segar pada feses atau setelah buang air besar kemungkinan berasal dari saluran cerna bagian bawah, misalnya akibat peradangan pada dinding usus besar atau rektum, hemorrhoid (wasir), adanya luka di dinding anus (fisura ani), maupun sebab lainnya, yang biasanya dipicu oleh feses yang keras.

Jika darah yang keluar berjumlah sedikit, misalnya beberapa tetes, dan baru terjadi sekali atau dua kali, maka kemungkinan masih dapat diatasi dengan menghindari feses yang keras, misalnya dengan konsumsi air putih yang cukup per harinya serta makan makanan tinggi serat seperti serealia, buah dan sayur, begitu juga konsumsi zat ‘pelunak feses’ seperti psyllium.

Duduk di bak berisi air hangat-panas yang suhunya dapat ditolerir oleh tubuh selama 10 menit setiap kali selesai buang air besar dan jika diperlukan disinyalir juga dapat membantu meringankan keluhan. Namun jika cara-cara tersebut kurang berhasil, sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui apa penyebab keluhan menetap tersebut dan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.