Kanker Payudara pada Laki-laki

2381
kesehatan manusia
Banyak wanita mengeluhkan benjolan pada anggota tubuh sensitivnya

Benjolan di Puting Payudara Laki-laki Apakah Juga Termasuk Kanker?

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Saya remaja laki-laki berusia 14 tahun, di puting dada kanan saya terdapat sebuah benjolan yang bila tertekan akan terasa sakit dan mengeluarkan cairan yang sedikit. Kemudian saya mencari informasi tentang benjolan tersebut. Dari informasi yang saya dapat ciri-ciri yang ada pada payudara saya adalah kanker payudara, namun ada pula informasi yang mengatakan kalo itu ginekomastia karena kanker payudara umumnya terjadi pada usia 60 ke atas.

Apakah penyakit yang sebenarnya terjadi pada saya? Apakah ada pengobatan alternatif ?

Dari : Putratama

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Pada usia kanak-kanak hingga pubertas, adanya pembesaran payudara minimal pada anak laki-laki merupakan hal yang wajar, disebut juga ginekomastia fisiologis. Pembesaran biasanya bersifat sementara, bilateral (terjadi di kedua payudara), terasa lunak, kenyal, dan secara simetris berada di bawah areola; kadang payudara dapat terasa nyeri. Pembesaran normal ini akan menyusut sendiri dalam waktu 6-24 bulan ke depannya.

Ginekomastia fisiologis tidak memerlukan perawatan atau terapi apapun. Adapun ginekomasti yang dipicu oleh konsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid anabolik dan sejenisnya, akan kembali normal seiring dengan penghentian konsumsi obat, Namun ginekomastia fisiologis biasanya tidak bersifat unilateral, juga tidak disertai adanya cairan yang keluar melalui payudara, karena pembesaran bukanlah terjadi di kelenjar payudara, namun pada jaringan ikat payudara.

Karena itu, kami anjurkan Saudara untuk memeriksakan diri terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apa tepatnya diagnosis benjolan yang Saudara alami tersebut, karena kondisi demikian memerlukan pemeriksaan fisik langsung dan juga pemeriksaan laboratorium yang sesuai, untuk dapat menegakkan diagnosis dengan baik dan benar. Setelah diagnosis diketahui, barulah dapat direncanakan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.