Cara Mengatasi Keputihan

3013
masalah keputihan wanita

Mengatasi Keputihan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Saya wanita 20 tahun, setiap hari saya mengalami keputihan namun tidak mengakibatkan gatal. Setelah menstruasi keputihan saya berwarna kuning dan berbau tidak sedap, terkadang berbau amis. Saya bingung akan keputihan yang saya alami setiap hari, saya sudah meminum jamu tradisional tapi tidak membuahkan hasil. Apakah keputihan saya merupakan penyakit? Dan bagaimana penyembuhannya?

Mohon penjelasannya.

Dari: Ainiy

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

cara mengatas keputihanKeputihan merupakan hal yang sering dialami wanita, biasanya pada waktu-waktu selesai menstruasi, kegiatan sangat padat, menjelang ovulasi, dan saat hamil, ketika hormon estrogen meningkat. Keputihan yang masih dalam batas wajar biasanya berwarna bening keruh atau agak kekuningan, tidak gatal, dan tidak menyebabkan rasa perih atau terbakar di sekitar organ genital.

Pada kondisi yang Saudari, kemungkinan besar keputihan yang Saudari alami masih dalam batas normal, khususnya jika keluhan bau tidak sedap hanya terjadi segera setelah haid dan lekas berhenti. Kondisi seperti ini tidak memerlukan pengobatan khusus, cukup menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi, dan menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan lebih sering mengganti pakaian dalam, sedikitnya 5 kali perhari atau setiap kali mulai terasa lembab, tanpa perlu pembersih khusus. Namun demikian, jika terjadi terus menerus tanpa henti selama berbulan-bulan, dengan kegiatan yang sedang, ada baiknya Saudari periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah ada penyakit lain yang menyebabkan keputihan tersebut.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.