Sedang Hamil Kena Infeksi Jamur Kulit

infeksi jamur

Kena Infeksi Jamur Kulit Saat Hamil

Saat ini saya sedang hamil 24 minggu. Yang saya ingin tanyakan adalah pada paha belakang dan selangkangan saya gatal-gatal, itu mungkin karena lembab pada area tersebut. Apakah ini termasuk jenis infeksi jamur?

Lalu apa obat yang cocok? Karena saya sedang hamil dan takut akan efek samping yang dapat mempengaruhi janin.

Yang kedua, saya ingin tanya. Nanti setelah saya melahirkan kira-kira KB apa yang cocok untuk saya? Karena saya masih relatif muda dan takut jika ingin KB hormonal. mohon dijawab.

Terima kasih..

Jawaban:

Untuk mengetahui secara pasti jenis penyakit Anda, kami perlu melihat langsung bentuk infeksi kulitnya (Ujud kelainan kulit). Akan tetapi bedasarkan keluhan Anda, kemungkinan besar penyakit tersebut adalah infeksi kulit karena jamur. Jamur tumbuh cepat pada daerah lembab, ketika hamil berat badan bertambah dan bisa jadi daerah selangkangan sering berdempetan dan lembab. Jika gatal bertambah ketika berkeringat maka semakin mengarah ke arah infeksi kulit karena jamur

Untuk pengobatannya lebih aman menggunakan obat luar seperti krim anti jamur seperti ketokonazole 2% di oles tipis-tipis 2-3 x sehari, setelah mandi lebih baik. Obat oles juga sebaiknya jangan lebih dari 5-7 hari. obat minum tidak dibutuhkan jika infeksi di kulit hanya sedikit dan kecil. Jika memang butuh obat oral karena infeksi kulitnya sudah general hampir di seluruh tubuh, maka dokter akan mempertimbangkan penggunaan obat oral, akan dilihat keuntungan dan kerugiannya bagi si janin dan ibu.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur