Peradangan Sendi Pada Balita

2329
kesehatan bayi dan ibu hamil

Peradangan Sendi Pada Balita

Pertanyaan:

Assalammu’alaikum.

Saya memiliki putra berumur 2,5 tahun. Sudah 3 hari ini anak saya mengeluh kakinya sakit setiap malam hari. Padahal diwaktu siang atau sebelum tidur anak saya dapat bermain normal. 4 hari sebelumnya anak saya demam tinggi dan sering menjerit bilang kakinya sakit setiap beberapa menit (siang dan malam). Saat diperiksa ke rumah sakit, saya disarankan membawa anak saya untuk cek darah karena kemungkinan terkena demam berdarah. Setelah cek darah, ternyata hasilnya negative dan normal.

Setelah cek darah itu, demam anak saya hilang di pagi harinya, dan dia kembali aktif seperti biasa. Tapi permasalahannya setiap tidur malam kakinya tetap sakit sehingga dia sering menjerit sakit sambil melipat-lipat jari-jari kakinya dan minta dipijit.

Saya tidak tau di bagian mana yang sakit, karena tiap ditanya, anak saya hanya bilang kakinya sakit. Pertanyaan saya, apa yang sebaiknya saya lakukan? Dan apa penyakit anak saya? Beberapa bulan sebelumnya, anak saya juga pernah mengeluhkan penyakit yang sama setiap malam, kira-kira selama seminggu lebih, kemudian hilang begitu saja. Dan sekarang, saat demam tinggi 4 hari yg lalu, dia kembali mengeluhkan kakinya sakit. Akibatnya saya dan anak saya kurang tidur malam.

Mohon pencerahannya, adakah obat herbal untuk menyembuhkannya?

Terima kasih

Dari: Susan

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Ibu yang dirahmati Allah.

Keluhan nyeri pada kaki, yang dirasakan pada malam hari, kemungkinan merupakan keluhan peradangan pada sendi kaki anak Anda. Keluhan memang cenderung dirasakan pada malam hari, karena saat malam aktivitas telah jauh berkurang sehingga rasa nyeri akan sangat terasa. Namun untuk memastikan jenis peradangan sendi yang dialami, memerlukan pemeriksaan laboratorium yang lebih detail daripada sekedar pemeriksaan untuk demam berdarah seperti yang telah dilakukan.

Saran kami, sebaiknya Ibu membawa si kecil untuk diperiksakan ke dokter anak spesialis rheumatologi, atau jika tidak ada, dokter penyakit dalam spesialis rheumatologi. Jika dokter menemukan kecenderungan peradangan sendi yang tidak biasa, dokter akan meminta anak untuk menjalani tes darah khusus untuk mengkonfirmasi diagnosisnya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 8610185593 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur