Perut Sakit dan Badan Pegal-pegal

perut sakit dan mual

Perut Sakit dan Badan Pegal-pegal

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.
Mau tanya tentang masalah kesehatan ibu saya, beberapa hari lalu beliau merasakan sakit  perut (bawah pusar) tapi hanya di bagian luar saja (otot atau urat), terkadang menggigil, betis terasa pegal, pinggang belakang sakit, kira-kira itu gejala pnyakit apa? Terus kalau memang harus ke dokter, tepatnya di spesialis apa?

Terima kasih

Jawawaban:

Wa’alaikumussalam.

Sebenarnya untuk lebih mengetahui pasti penyakit, kami perlu melakukan anamnesa (tanya jawab ke pasien) lebih lanjut. Karena keluhan masih bersifat umum. Jika keluhan utamanya adalah sakit perut dan yang terasa bagian luarnya saja, maka cukup banyak penyakit dengan manifestasi gejala seperti itu. Hanya saja gejala yang paling mendekati bisa jadi sakit tipus, dan chikungunya. Akan tetapi itu belum pasti, perlu anamnesis dan pemeriksaan lebih lanjut.

Anda bisa ke dokter umum dulu untuk gejala awal seperti itu, jika ingin langsung periksa ke spesialis Anda bisa ke dokter spesialis penyakit dalam.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur