Keguguran Lebih dari 5 Kali

2332
kesehatan ibu hamil

Keguguran Lebih dari 5 Kali

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum. Saya sudah 4 tahun menikah, usia saya 27 tahun dan suami saya 35 tahun. Saya sudah 5x keguguran dengan usia janin saya tidak lebih dari 8 minggu. Semua kehamilan mengalami blighted ovum. Semua tes sudah saya jalani. Dari tes torch, aca, semua hasilnya tidak ada kelainan.

Sekarang saya sedang menunggu hasil tes kromosom saya dan suami. Alternatif pun saya jalani. Saya sangat ingin memiliki anak. Saya mohon nasihatnya.

Terima kasih, wassalam.

Dari: Ranny

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Dari riwayat yang Ibu sampaikan, menurut kami, langkah yang Ibu tempuh sudah benar. Karena sebagian besar kehamilan yang tidak berkembang dan gugur < 10 minggu (meski ada pula yang mencapai 20 minggu) disebabkan oleh kelainan kromosom, baik dari pihak ayah, maupun ibu. Kelainan kromosom ini tidak memilki dampak pada Ibu maupun ayah, namun jika terjadi pada janin, maka kromosom janin menjadi abnormal dan janin tidak dapat berkembang. Penyebab lain keguguran di trimester awal sebagaimana yang telah Ibu sampaikan, antara lain adalah infeksi TORCH, penyakit autoimun, hipertirodisme, hipotiroidisme, diabetes mellitus yang tidak terkontrol, begitu juga kelainan pembekuan darah pada Ibu.

Silakan Ibu teruskan untuk pemeriksaan kromosom tersebut, sehingga jika selanjutnya hamil, dokter kandungan yang menangani Ibu dapat mengusahakan penanganan yang sesuai sehingga diharapkan janin dapat tumbuh sebagaimana mestinya. Perlu diketahui pula bahwa pada keguguran karena kelainan kromosom, masih terdapat kemungkinan untuk pembuahan dengan kromosom normal sehingga janin hasil pembuahan pun dapat tumbuh dengan sehat. Jadi hendaknya Ibu dan suami tidak berputus asa dan terus berdoa kepada Allah Ta’ala agar diberi keturunan yang sehat, kemudian berikhtiar seoptimal mungkin.

Semoga Allah Ta’ala mengaruniakan keturunan yang sehat dan sholeh bagi Ibu dan keluarga.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.