Keguguran Kandungan karena MengidapToxoplasma

2284
test hamil

MengidapToxoplasma

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Saya ibu rumah tangga yang berusia 27 tahun dan alhamdulillah sudah dikaruniai 2 orang putra. Dan pada hamil saya yang ke ketiga (usia kandungan 3 bulan) dan yang keempat (usia kandungan 4 bulan), saya mengalami keguguran. Setelah saya lakukan tes di lab hasilnya positif lgG 85 dan negatif lgM 0,08. Apakah kondisi seperti ini berbahaya dan bagaimana langkah yang harus saya lakukan untuk mengobati/mencegahnya?

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum.

Dari: Fuqohatunnisa

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Secara teoritis, IgG yang positif terhadap toxoplasma, dan IgM negatif, menunjukkan infeksi yang telah lama berlangsung, sekitar 12 bulan sebelumnya. Perlu diketahui bahwa toxoplasma merupakan parasit yang terdapat sangat luas di alam ini, dan mengenai sebagian besar orang yang mungkin bahkan tidak pernah mengetahui bahwa dirinya memiliki parasit ini di tubuhnya.

Antibodi yang terbentuk di awal infeksi adalah IgM, diikuti beberapa bulan kemudian oleh IgG, kemudian IgM akan perlahan menghilang sedangkan IgG cenderung menetap, bahkan seumur hidup. IgG menggambarkan terbentuknya pertahanan tubuh terhadap infeksi parasit ini, dan bersifat protektif dan mencegah kekambuhan serta efeknya pada janin jika penderita wanita hamil, namun efek protektif tersebut bisa menurun jika kesehatan dan daya tahan tubuh secara umum menurun, sebagai contoh pada kondisi sakit berat, kanker, dan penderita AIDS.

Pada kondisi yang Ibu sampaikan, yakni IgG positif dan IgM negatif, kemungkinannya adalah infeksi toxoplasma yang diderita sudah terjadi lebih dari 12 bulan sebelumnya, sehingga seharusnya tidak membahayakan kesehatan Ibu begitu pula calon janin. Meski demikian, kami tetap menyarankan Ibu untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter kandungan yang merawat Ibu untuk mengetahui lebih lanjut kemungkinan penyebab keguguran, dan apakah diperlukan tes antibodi terhadap toxoplasma ulangan setelah tes pertama untuk melihat ada tidaknya kenaikan antibodi (IgG) yang signifikan, pertanda kambuhnya infeksi.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur