Mata Berair

Mata Berair

Pertanyaan:

Ibu saya umur 55 tahun, mengalami keluhan mata berair terus-menerus sudah sekitar satu bulan. Sudah mencoba menggunakan obat tetes mata herbal, namun belum sembuh juga. Bagaimana cara mengobatinya?

Dari:

Jawaban:

Mata berair karena mata sebelumnya kering atau terkena sindrom mata kering. Karena jika mata kering, maka secara refleks mata akan menghasilkan lebih banyak air mata. Karena fungsi utama air mata adalah menjaga kelembaban mata dari kekeringan dan membersihkan mata dari segala benda asing yang masuk ke dalam mata.

Sebab mata kering bermacam-macam:

– Masalah pada kualitas air mata, jika kurang bagus mata produksinya banyak sebagai kompensasi.

– Terkena infeksi virus atau bakteri.

– Ada peradangan atau benda asing yang kecil.

– Masalah pada saluran dan aliran air mata, air mata akan mengalir melalui bagian hidung, jika terhambat maka menumpuk di mata.

Umur anda juga 55 tahun, bisa jadi usia menjelang tua menyebabkan saluran menyempit sehingga aliran air mata tidak lancar.

Silahkan periksa ke dokter mata untuk lebih lanjut. Akan dilakukan pemeriksaan untuk menganalisa sampel air mata untuk mengetahui ada infeksi atau tidak dan dilakukan tes schirmer untuk mengukur produksi air mata serta tes untuk mengetahui ada hambatan di aliran air mata atau tidak.

Jika sebabanya akibat sindrom mata kering, maka cukup diobati dengan obat tetes mata saja. Sedangkan jika akibat infeksi maka diberikanobat tetes mata dan antibiotik. jika penyebabnya adalah gangguan pada sistem aliran air mata, maka pembedahan mungkin perlu untuk membuka sumbatan yang ada.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 8610185593 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap:¬†Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
SHARE
Previous articleSakit Kuning Pada Bayi
Next articleHubungan Onani dan Disfungsi Ereksi
dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)