Sakit Kuning

sakit kuning

Sakit Kuning

Pertanyaan:

Dokter, saudara saya (umur 15 tahun) saat ini sedang diopname di rumah sakit karena sakit yang dideritanya (seluruh badanya tampak menguning termasuk mata), menurut dokter yang manangani penyakitnya belum jelas. Dicurigai hepatitis tapi hasil lab untuk hepatitis B negatif. Sebenarnya penyakit apa sih Dok? Bagaimana cara pengobatanya ?

Tks..!

Dari: Zazam

Jawaban:

Penyakit kuning (disebut juga dengan icterus atau jaundice) di seluruh badan, menunjukkan adanya permasalahan pada liver/hati. Bagian yang sering  terlihat adalah bagian putih dari bola mata (sclera), dan kulit, serta mukosa dari penderita.Hal ini terkait dengan metabolisme bilirubin tepatnya gangguan pada sistem hepatobilier (sistem hati dan kandung empedu).

Penyebabnya bermacam-macam misalnya penyakit bawaan sejak lahir, infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit malaria, karena mengonsumsi obat tertentu, ataupun karena gangguan pada sistem dari kandung empedu penderita.

Dokter menyatakan penyebabnya belum jelas sementara karena masih perlu melakukan beberapa pemeriksaan dan menunggu perkembangan penyakit, karena memang penyebab sakit kuning banyak. Tetapi mungkin hanya sementara, karena jika hasil keluar maka penyakit dapat ditentukan dan segera diterapi

penyakit kuning penyebab yang paling sering adalah  Hepatitis dan Sirois . Hepatitis juga bermacam-macam, mulai dari hepatitis A, B, dan C.

Jika hepatitis B negatif, bia jadi terkena Hepatitis A, memang kedua jenis ini yang sering muncul. Sebagai gambaran hepatitis A adalah yang paling ringan dapat sembuh secara total dan dapat sembuh sedniri. Kemudian Hepatitis B agak berat. sedangkan  Hepatitis C merupakan jenis yang paling parah, penderita harus dirawat di rumah sakit sampai  sembuh total.

Kami sarankan anda terus melakukan komunikasi aktif dengan dokter yang merawat, karena itu adalah hak pasien dan ada juga tipe dokter yang jika tidak ditanya tidak menjelaskan.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

SHARE
Previous articleWasir
Next article2 Jenis Bekam dan Manfaatnya
dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)