Efek Operasi Polip Endoserviks

2509
pasca operasi

Efek Operasi Polip Endoserviks

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Akhir-akhir ini saya sering anyang-anyangan tanpa sebab yang jelas. Saya sudah berkonsultasi pada bidan dekat rumah, namun jawabannya hanya karena kurang minum, tetapi saya sudah minum cukup. Apa yang sebenarnya jadi penyebab penyakit ini?

Apa ini ada hubungannya dengan proses pasca-operasi polip endoserviks yang telah saya alami? Sudah hampir 1 minggu saya berhenti menggunakan albotil ovula yang kata dokter untuk mengeringkan bekas lip coulter. Apa ini juga karena pengaruh obat itu? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Wassalamu’alaikum

Dari: Achmad

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Gejala anyang-anyangan umumnya disebabkan oleh iritasi atau infeksi pada saluran kemih, yang tersering adalah kandung kemih. Infeksi bisa dipicu oleh hygiene yang kurang baik, baik dari istri maupun suami (saat berhubungan). Pada wanita, kondisi ini bisa lebih sering dialami karena jarak antara kandung kemih dengan muara saluran kemih lebih pendek dibanding pria. Kondisi ini bahkan lebih sering lagi didapatkan pada wanita yang baru saja menikah dan berhubungan dengan suaminya, yang dikenal dengan nama ‘honeymoon cystitis’.

Saran kami, hendaknya Ibu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis. Jika pada pemeriksaan fisik diagnosis belum dapat ditegakkan, biasanya dokter akan meminta Ibu untuk melakukan tes urin untuk melihat ada tidaknya infeksi pada saluran kemih. Kami tidak mengetahui adanya hubungan antara penyembuhan paska operasi maupun penggunaan obat albothyl ovula dengan timbulnya anyang-anyangan, namun hal ini bisa diperhitungkan jika tidak ditemukan adanya infeksi pada saluran kemih.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur