Banyak Pikiran Ketika Hamil Bisa Menggugurkan Kandungan

Apakah Banyak Pikiran Ketika Hamil Bisa Menggugurkan Kandungan?

Pertanyaan:

Maaf, saya mau tanya. Saya hamil anak pertama, usia kehamilan 3 bulan, kalau lagi banyak pikiran kenapa keluar darah dikit ya?

Pertanyaan saya:

1. Darah yang kluar tuh normal atau gimana?

2. Ada gangguan di janin atau rahim aku ga?

3. Gimana caranya menjaga kehamilan saya dengan baik?

Dari: Ana

Jawaban:

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa kondisi Anda yang banyak pikiran kemudian ditambah lagi keadaan Anda yang sedang hamil, bisa menjadi pemicu keluarnya sedikit darah. Karena banyak pikiran atau stres bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hormon. Hormon pada wanita sangat berpengaruh pada kondisi rahim wanita.obat kuat hajar jahanam

Berikut jawaban  pertanyaan:

1. Untuk darah yang keluar jika sedikit disebut flek dan jika agak banyak disebut perdarahan. Dan ini perlu dibedakan. Karena berkaitan dengan kondisi kehamilan apakah berbahaya atau tidak.

Untuk darah yang sedikit atau disebut flek (spotting) ini termasuk “perdarahan” ringan, hal ini masih normal pada wanita awal-awal kehamilan, terjadi pada 20 % wanita. Akan tetapi asalkan tidak terlalu sering.  Sedangkan untuk untuk perdarahan, fleknya yang agak banyak, hal ini walaupun hanya sekali terjadi perlu diwaspadai.

Cara membedakannya, flek keluarnya sedikit bercak darah dari vagina berwarna merah atau kecoklatan, dan tidak sampai mengotori celana dalam. Sedangkan perdarahan jumlahnya lebih banyak daripada flek dan bisa  mengotori celana dalam.

2. Jika terjadi perdarahan, maka ini tanda waspada dan bisa membahayakan janin.

3. Jika terjadi flek sebaiknya  Anda istirahat di rumah dengan sering berbaring, jangan lakukan kegiatan berat, tenangkan pikiran, banyak minum untuk mengganti darah yang keluar, dan untuk sementara jangan melakukan hubungan suami-istri dulu. Anda juga perlu memperhatikan jumlah pembalut yang Anda pakai dan darah yang ada di pembalut, karena bisa digunakan untuk memperkirakan jumlah darah yang keluar, apakah apakah bertambah atau berkurang.

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter, psikologi atau berbagi dengan orang yang Anda percaya agar pikiran Anda tenang.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur