Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

3755
menghilangkan jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Dokter, saya mau tanya. Adakah cara mengurangi atau mencegah munculnya jerawat? Jerawat yang muncul terkadang menimbulkan bekas-bekas hitam di wajah. Bagaimana agar jerawat tidak membekas dan bagaimana menghilangkan bekas jerawat yang membandel? Saya sangat berterima kasih apabila Dokter langsung memberikan rujukan obat-obatnya, baik obat resep maupun obat alami.

Terima kasih.jaket muslim yufid tv

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Jerawat merupakan gangguan pada kulit dimana terjadi sumbatan kelenjar minyak oleh produksi minyak yang berlebih dan sel kulit mati, diikuti oleh kolonisasi dan terkadang infeksi oleh bakteri normal pada kulit, Propionibacterium acne. Beberapa kondisi dimana seseorang berpeluang memilki jerawat lebih banyak dari yang lainnya adalah:

  • Pubertas, ketika terjadi lonjakan hormon androgen yang memicu produksi sebum berlebih dan hiperkeratinisasi sel kulit.
  • Perubahan hormon misalnya saat menjelang menstruasi dan saat kehamilan.
  • Keringat dan kelembaban berlebih.
  • Penggunaan kosmetik, pencuci wajah, atau aksesori wajah yang menutup pori-pori kulit

Orang dengan tipe kulit berminyak dan kombinasi cenderung memiliki masalah jerawat, karena kelenjar minyak pada wajahnya lebih aktif dibandingkan pada kulit normal dan kering.

Beberapa cara mencegah timbulnya jerawat antara lain:

  1. Konsumsi cukup air, minimal 2 L perhari.
  2. Konsumsi lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dari buah-buahan dan sayuran serta lemak sehat, dan menghindari makanan tinggi lemak, tinggi gula, dan yang digoreng.
  3. Membersihkan wajah 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit kering dan mengiritasi kulit.
  4. Menggunakan produk perawatan wajah seperti sabun, maupun kosmetik seperti pelembab, yang sesuai untuk kulit berminyak.
  5. Mengurangi menyentuh wajah dengan tangan, menyingkirkan rambut atau aksesori wajah yang dapat menutupi dan berpeluang menambah lebih banyak minyak dan kotoran ke wajah.

Adapun beberapa anjuran untuk mencegah membekasnya jerawat dan menghilangkan bekasnya adalah:

  1. Tidak memencet jerawat. Memencet, mengorek, dan semacamnya dapat menyebabkan peradangan semakin luas, kolagen kulit semakin banyak yang rusak, dan bekas jerawat menjadi lebih dalam. Sebaiknya gunakan obat khusus jerawat untuk meredakan jerawat.
  2. Menghindari paparan sinar matahari berlebih saat berjerawat. Jika banyak beraktivitas diluar rumah, disarankan menggunakan sunblock dengan tipe non komedogenik.
  3. Pada dasarnya, bekas luka jerawat yang ringan akan membaik dan hilang dengan sendirinya, serta warnanya kembali normal, seiring dengan pertumbuhan kulit dan bertambahnya suplai darah ke bekas jerawat. Proses ini memakan waktu beberapa minggu, sampai sekitar setahun untuk tipe jerawat yang berat seperti jerawat kistik.
  4. Jika menginginkan hilangnya bekas lebih cepat, dapat menggunakan krim penghilang bekas jerawat, seperti yang mengandung arbutin dan vitamin C. Namun jenis pengobatan ini tidak berlaku untuk bekas jerawat atropik (kulit mencekung).
  5. Untuk bekas jerawat yang atropik, disarankan menggunakan terapi laser atau mikrodermabrasi, yang layanan tersebut dapat diperoleh di dokter spesialis kulit.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur