Keputihan Setelah Selesai Haid

8333
beda mani dan keputihan wanita

Keluar Keputihan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dokter.

Saya mau bertanya. Seminggu usai haid saya keputihan seperti biasa, normal, bening tapi pas hari ke-10 tiba-tiba keluar lender kecoklatan persis tanda-tanda datang haid. Lalu hari-hari berikutnya lendir berwarna merah darah dan selama 7 hari baru kemudian datang haid.

Tanda gejala apakah ya Dok? Normal tidakkah? Mohon penjelasannya.

terima kasih.

Wa’alaikumussalam.

Dari: Lisa

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan kepada kami.

Adanya sekret vagina yang bercampur darah, dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

– Kehamilan. Pada wanita hamil, baik di awal maupun pertengahan kehamilan, adanya bercak darah (spotting) atau pendarahan dalam jumlah minimal yang tidak disertai rasa nyeri dan berhenti dengan sendirinya cukup sering terjadi.

– Bercak ovulasi. Jika darah keluar di tengah siklus, kemungkinan disebabkan oleh darah dari folikel indung telur yang pecah saat ovulasi.

– Infeksi pada daerah vagina dan leher rahim, seperti infeksi bakteri chlamydia. Infeksi menyebabkan organ menjadi lebih rapuh dan mudah berdarah.

– Vagina yang kering atau mengalami iritasi, bisa disebabkan oleh penggunaan pembilas kewanitaan, spray, atau bahan lain yang diaplikasikan di sekitar daerah kewanitaan.

– Efek penggunaan pil kontrasepsi

– Polip di daerah leher rahim atau rahim

Jika keluhan yang Saudari alami hanya terjadi sebanyak sekali, tanpa disertai keluhan lainnya, dan Saudari belum pernah melakukan hubungan suami istri, maka kemungkinan masalahnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon kewanitaan, dan belum memerlukan pemeriksaan kesehatan lanjutan. Namun jika keluhan berlanjut, atau disertai nyeri, atau Saudari sudah menikah, maka kemungkinan penyebabnya menjadi lebih kompleks dan memerlukavideo kajian wanita muslimahn pemeriksaan lebih detail, sehingga kami sarankan untuk memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter untuk lebih jelasnya.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur