Mengatasi Keringat Berlebih

mengatasi keringat berlebih

Keringat Berlebih

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok. Saya punya masalah yang sudah menahun yaitu keringat berlebih hanya di daerah kepala dan wajah (sampai leher), kalau di badan keringatnya wajar saja. saya juga punya masalah dengan lambung yang sudah lama. Saya pernah terapi alternatif, kata terapis keringat saya dikarenakan masalah lambung. Setiap hari, tidak kenal waktu dan terutama saat tidur malam, itulah keringat luar biasa banyak, padahal udara lumayan dingin walau tidak pakai AC.

Keringat ini sangat mengganggu dan membuat saya malu Dok, sering kali jilbab saya basah padahal aktivitas tidak berat/banyak. Mohon penjelasannya Dok, apakah penyakit ini bisa diobati? Apa obatnya? atau ada terapi alternatif?

Terima kasih

Jawaban:

Bisa jadi Anda terkena hiperhidrosis (keringat berlebih) jika khusus dikepala dan sekitar leher disebut Craniofacial Hyperhidrosis.

Memang keluhan utamanya adalah keringat berlebihan sehingga membuat malu. Terkadang juga keringat keluar tanpa ada penyebab pasti seperti cuaca panas, stres dan kecemasan.

Anda perlu memeriksakan ke dokter dan mencari penyebabnya. Karena hiperhidrosis juga bisa disebabkan karena sedang menjalani terapi tertentu dan efek obat (ini yang disebut secondary hyperhidrosis)

Adapun penyebab secara umum kepala berkeringat terlalu banyak adalah

  1. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) sehingga produksi keringat meningkat.
  2. Kecemasan dan Stres.
  3. Menopause, khususnya jika terjadi gejala yang disebut hot flashes yang salah satunya bisa menyebabkan keringat berlebih.
  4. Diabetes atau kadar gula darah yang rendah.

Terapi untuk hiperhidrosis yang bisa ditempuh:

  1. Pemberian Obat antikolinergik
  2. Pemberian Antiperspiran.
  3. Suntikan Botulinum toksin (botox).
  4. Lontophoresis , alat untuk memblokir keringat sementara, yaitu tlat bertenaga baterai akan digunakan dalam prosedur ini saat tubuh pasien direndam di dalam air, kemudian diberikan arus listrik tingkat rendah untuk tangan, kaki, atau ketiak.
  5. Pembedah yaitu memotong saraf simpatis yang menyebabkan keringat berlebih

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur