Menu Diet Agar Perut Tidak Buncit

2798

Menu Diet

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Dokter, menu makanan harian apa yang baik bagi seseorang yang ingin diet agar perutnya tidak buncit lagi? Mohon sebutkan jenis-jenis makanannya secara spesifik, karena sulit bagi kami untuk mengetahui jenis makanannya apabila hanya disebutkan secara global, seperti hanya disebutkan makanan yang mengandung ini dan itu. Terima kasih Dok.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Formula dasar diet untuk menurunkan berat badan, termasuk perut buncit, pada dasarnya sama dengan formula untuk menurunkan berat badan, yakni jumlah kalori yang masuk harus lebih sedikit dibandingkan yang keluar atau dibakar. Karena pada dasarnya penurunan berat badan biasanya dimulai dari penurunan lemak di daerah perut terlebih dahulu. Beberapa jenis makanan harian yang dianjurkan seperti misalnya:

  • Serealia untuk sarapan, misalnya sereal berbahan dasar gandum, atau bubur oat. Namun pilihlah sereal tanpa rasa tambahan. Untuk rasanya dapat diperoleh dari susu rendah lemak, atau tambahan buah-buahan seperti irisan strawberry atau pisang. Alternatifnya bisa dengan roti berbahan dasar gandum utuh, atau salad buah segar dan jus tanpa gula.
  • Buah-buahan. Buah yang mana saja dianjurkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, khususnya buah dengan kandungan serat tinggi, seperti apel, tomat, jeruk, pir, jambu, dan melon. Sebaiknya buah yang bisa dimakan bersama kulitnya, dimakan bersama kulitnya setelah dibersihkan dengan baik, untuk meningkatkan kandungan seratnya. Buah dapat dikonsumsi antara waktu makan dan sekitar 15 menit sebelum makan. Jus buah merupakan pilihan berikutnya, tanpa tambahan gula. Jika masih ingin tambahan rasa manis, tambahkan 1 sendok makan madu.
  • Sayur hijau dan sayuran berwarna lainnya. Sayuran berwarna hijau seperti kangkung, bayam, sawi, brokoli, dan selada dengan olahan seminimal mungkin, seperti ditumis atau dibuat sayur bening dengan durasi masak singkat, merupakan sumber serat dan zat gizi mikro yang baik. Wortel, kentang, kacang-kacangan seperti kacang polong, labu, paprika, dan sayuran berwarna lainnya juga sangat baik untuk tambahan gizi dan serat. Olahan masakan sayur bisa sangat bervariasi, seperti sayur sop, urap, tumis, oseng, dan banyak lagi. Untuk memperoleh hasil yang baik, hindari memasak sayuran terlalu lama apalagi dengan api besar.
  • Protein berkualitas baik, seperti protein dari ikan, telur, dan bahan nabati seperti kedelai dalam tahu dan tempe. Pilih cara pengolahan minim minyak, seperti direbus, ditim, atau dikukus. Jika harus menggoreng, sebaiknya gunakan minyak seperti minyak kanola atau minyak zaitun, atau jika tidak ada, kurangi jumlah dan frekuensi menggoreng makanan, misalnya menjadi sekali sehari, 2-3 kali perminggu.
  • Sebagai pelengkap, konsumsi air putih yang cukup, minimal 2 L perhari.

Selain itu, sebaiknya kurangi asupan makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, roti putih, dan tepung-tepungan lainnya. Begitu juga makanan maupun minuman dengan kandungan gula yang tinggi, seperti kue-kue manis, softdrink, minuman kemasan, dan semisalnya.

Perlu kami ingatkan juga bahwa selain diet, olahraga teratur memegang peranan penting dalam menurunkan berat badan sekaligus perut buncit, bahkan lebih penting, karena olahraga membantu pengikisan lemak yang lebih spesifik seperti di perut sekaligus membentuknya. Olahraga seperti jogging atau bersepeda, 30-45 menit perhari, 5-6 kali perminggu, yang dilakukan rutin, dipadukan dengan diet yang tepat, insya Allah dapat membantu mengikis lemak tubuh sekaligus menjaga kekencangan otot melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh lebih segar dan fit. Bentuk yang lebih spesifik lagi adalah olahraga pembentukan sebagaimana yang dapat dilakukan di tempat-tempat fitness yang menggunakan alat bantu tertentu.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur