Posisi Tidur Pasca Melahirkan

posisi tidur sesudah melahirkan

Posisi Tidur Pasca Melahirkan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Mau tanya Dokter. Bagaimanah posisi tidur seorang ibu pasca melahirkan? Apakah benar tidak boleh tidur miring dan juga tidak boleh tidur siang? Apakah benar kakinya harus diselonjorkan?

Bolehkah bayi yang baru lahir setelah di tahnik tetap diberikan suapan kurma dan tetesan air zam-zam karena ASI ibu belum keluar. Bagaimana cara memperlancar ASI, makanan apa yang sebaiknya dokonsumsi ibu pasca melahirkan dan menyusui?

Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam.

Posisi tidur setelah melahirkan terserah mana yang dirasakan oleh ibu nyaman, misalnya terlentang atau baring kanan atau kiri. Asalkan tidak tengkurap terutama awal-awal melahirkan. tidak ada posisi tidur khusus bagi ibu setelah melahirkan. Tidak benar juga anggapan bahwa posisi tidur harus duduk dan setengah duduk bagi ibu setelah melahirkan.

Mengenai larangan tidur siang, maka tidak ada bukti ilmiah bahwa tidur siang membahayakan. Malahan jika di larang bisa jadi ibu kekurangan tidur yang akan berdampak pada kurangnya kualitas dan kuantitas ASI. Lebih baik ibu cukup tidurnya dan di usahakan jika bayi tidur ibu juga ikut tidur sehingga cukup tidur. Bisa jadi jika bayi tidur kemudian ibu tidak tidur dan aktifitas kemudian ketika ibu ingin tidur karena mengantuk atau kecapekan bayi malah baru bangun.

Bayi yang baru lahir sebenarnya belum memiliki pencernaan yang sempurna, tidak masalah diberikan sedikit kurma yang dilembutkan dan tetesan air zam-zam, akan tetapi lebih baik jika diberikan ASI ekslusif selama 6 bulan. Jika ASI belum keluar tidak mengapa diberikan, akan tetapi hendaknya diberikan juga susu formula yang tepat sebagai pengganti ASI karena kandungan kurama saja tidak cukup menggantikan ASI.

Untuk memperlancar ASI yang tidak keluar maka perlu diperiksakan sebabnya. Bisa jadi karena ada sumbatan pada kelenjar atau adanya kelainan hormon.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur