Mulut Kaku Tidak Bisa Terbuka Lebar

2846
operasi mulut

Mulut Kaku Tidak Bisa Terbuka Lebar

Pertanyaan:

Halo Dok.. Saya habis operasi rahang kiri-kanan akibat kecelakaan. Dan selama 5 minggu itu, gigi saya dikunci pake kawat supaya tidak banyak gerak. Lalu setelah kawat itu dibuka, mulut saya jadi terasa kaku, ga bisa terbuka lebar, hanya 1 jari kebukanya.

Yang saya mau tanyain itu:

– Apakah itu karena terlalu lama mulut saya dikunci atau memang efek operasi rahang seperti itu?

– Apakah mulut kaku saya bisa normal lagi? Saya khawatir dengan keadaan saya sekarang.

Mohon jawabannya yahh,, makasih.

Dari: Selvi

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami. Semoga Allah Ta’ala senantiasa mengaruniakan kesehatan bagi Saudara dan keluarga.

Paska operasi rahang, proses penyembuhannya dapat berlangsung cukup lama, sekitar empat sampai enam minggu hingga beberapa bulan, bergantung dari seberapa berat kondisi rahang sebelum operasi, jenis tindakan operasi yang dilakukan, dan proses rehabilitasi yang dilangsungkan selama itu.

Umumnya, operasi menimbulkan luka dan memar di daerah otot-otot sekitar mulut dan rahang, yang memerlukan waktu untuk menyembuh. Sehingga bukaan mulut pun menjadi terbatas, khususnya pada hari-hari awal paska operasi. Bukaan akan bertambah lebar sedikit demi sedikit seiring dengan pemulihan otot dan rahang, namun sebaiknya tetap dibantu dengan latihan membuka dan menutup mulut dan menggerak-gerakkan rahang beberapa kali dalam sehari, khususnya ketika kawat telah dibuka. Jadi, jika proses penyembuhan berjalan lancar, dengan izin Allah, kondisi mulut dan rahang Saudara bisa berangsur-angsur pulih seperti sebelumnya.

Namun jika beberapa minggu setelah kawat dibuka dan proses makan normal telah berjalan, mulut tetap tidak dapat dibuka lebih lebar, maka hendaknya dikonsultasikan dengan dokter gigi yang menangani operasi Saudara.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 8610185593 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
SHARE
Previous articleMenderita Limfoma
Next articleTips Menurunkan Berat Badan
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.