Nyeri Pinggul

10335
bersabar dengan keadaan

Nyeri Pinggul

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Saya umur 35 tahun keluhan saya adalah sakit pinggul sebelah kiri. Kalau berjalan / berdiri sakitnya sampai ke betis. Jenis penyakit apakah yang saya derita, dan apa obatnya?

Terima kasih Wassalam

Dari: Hafid

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Nyeri di daerah pinggul yang menjalar hingga ke betis, dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah:

– Tekanan atau kerusakan pada saraf skiatika, saraf yang mempersarafi daerah punggung baian bawah hingga betis bagian belakang.

– Hernia nukleus pulposus

– Cedera, tumor, atau kerusakan lainnya pada tulang panggul

– Robeknya otot-otot di sepanjang daerah kaki bagian belakang, misalnya karena kecelakaan atau aktivitas pekerjaan atau berolahraga berat

Untuk menentukan jenis penyakit yang mana yang mendasarinya, diperlukan penggalian riwayat dengan seksama, pemeriksaan fisik, dan kadang juga pemeriksaan penunjang seperti konduksi saraf. Oleh karena itu, kami sarankan Saudara untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis saraf.

Adapun untuk penanganan nyerinya di rumah sebelum ke dokter, dapat dicoba beberapa tips berikut ini. Tips-tips ini pada dasarnya ditujukan untuk keluhan nyeri di daerah punggung bawah bawah, baik menjalar maupun tidak. Namun pada kondisi Saudara juga dapat diterapkan.

  • Letakkan kompres atau botol berisi air panas atau dingin di daerah yang sakit secara bergantian. Cobalah untuk menggunakan kompres dingin terlebih dahulu selama 48-72 jam, kemudian ganti dengan kompres panas.
  • Atau, konsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau asetaminofen (parasetamol).
  • Tidak disarankan melakukan tirah baring, namun cukup dengan mengurangi aktivitas selama beberapa hari pertama, dilanjutkan dengan aktivitas seperti biasa secara bertahap.
  • Hindari mengangkat beban berat atau memutar bagian punggung selama 6 minggu pertama setelah rasa nyeri mulai dirasakan.
  • Hindari berolahraga pada hari-hari pertama saat nyeri mulai dirasakan. Olahraga dapat dimulai kembali setelah 2-3 minggu kemudian, dengan paket latihan meliputi aerobik (berjalan, berseeda statis, berenang), juga stretching dan olahraga penguatan daerah perut dan punggung. Untuk olahraga ini, hendaknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter atau fisioterapis.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
SHARE
Previous articleAgar Haid Teratur
Next articleBisakah Herpes Simpleks Sembuh Total?
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.