Apakah Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung?

2452
terapi untuk sakit jantung

Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya. Saya kadang-kadang sering mengalami nyeri dada di sebelah kiri. Orang tua saya mempunyai riwayat penyakit jantung (ibu saya). Apakah penyakit jantung dapat diturunkan kepada anaknya?

Sebelumnya saya juga mempunyai riwayat penyakit wasir yang diturunkan oleh orang tua saya juga yaitu ayah saya. Terima kasih.

Dari: Echi

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Faktor gen yang diwariskan memang memiliki peran dalam beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Meski demikian, tidak jarang juga pola pewarisan penyakit tidak hanya disebabkan oleh gen, namun juga kondisi lingkungan dan kebiasaan yang dicontoh anak dari orangtua, seperti menjadi perokok aktif ataupun pasif, kebiasaan konsumsi makanan tinggi garam, gula, dan lemak, gaya hidup tak aktif (sedentary life style). Interaksi faktor lingkungan dan kebiasaan dan genetik menyebabkan keturunan dari penderita penyakit tertentu seperti penyakit jantung memiliki peluang lebih besar menderita sakit yang serupa.

Adapun nyeri dada sebelah kiri yang datang dan pergi, belum merupakan keluhan spesifik bagi penyakit jantung. Untuk mengetahui apakah Saudara mengalami penyakit yang dikhawatirkan, atau faktor risiko untuk mengalaminya, kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur