Olahraga Untuk Pengidap Penyakit Jantung

4300
terapi untuk sakit jantung

Terapi Pengidap Penyakit Jantung

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Semoga Allah melindungi Anda. Dokter, apakah ada pantangan baik dari segi makanan ataupun obat-obatan bagi penderita jantung? Buah-buahan apa saja yang baik bagi penderita jantung? Bagaimana cara berolahraga yang benar bagi penderita jantung?

Jazakumullah khair, wassalamu’alaikum warahmtaullahi wabarakatuh.

Dari: Nandar

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Semoga lindungan Allah Ta’ala juga senantiasa menaungi Saudara sekeluarga.

Penyakit jantung merupakan istilah yang sangat luas, karena terdiri dari berbagai macam jenis penyakit yang menyerang bagian tertentu dari jantung itu sendiri. Masing-masing jenis memiliki kekhususan masing-masing, baik dari segi gejala, pantangan, maupun yang dianjurkan untuk dikonsumsi atau dilakukan. Misalnya penderita penyakit gagal jantung karena hipertensi yang lama, berbeda dengan penderita penyakit jantung koroner akibat penumpukan plak lemak pada pembuluh koroner yang menyuplai darah pada otot-otot jantung.

Oleh karena itu, ada baiknya pertanyaan yang Saudara berikan bersifat lebih spesifik untuk jenis penyakit jantung tertentu.

Meski demikian, beberapa saran umum yang dapat kami sampaikan untuk menjaga kesehatan jantung adalah sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan rendah garam, rendah gula, dan rendah lemak jenuh dan lemak trans. Mengolah makanan sendiri biasanya menjadikan seseorang lebih mudah mengatur kadar garam, gula, dan lemak dalam makanannya.
  2. Konsumsi lemak sehat seperti pada minyak zaitun extra virgin, minyak canola, dan alpukat. Begitu juga protein dan karbohidrat, pilihlah sumber protein dan karbohidrat yang berkualitas seperti daging ayam tanpa lemak, ikan, telur, dan biji-bijian.
  3. Konsumsi lebih banyak sayuran dengan beragam warna, seperti hijau, kuning, oranye, begitu juga dengan buah. Semakin bervariasi sayur dan buah yang disantap setiap harinya semakin baik. Apel, jeruk, anggur merah, tomat, pisang, semangka, pir, kiwi, hampir seluruh buah memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  4. Berolahraga secara teratur, rata-rata 5 kali perminggu untuk olahraga intensitas sedang. Olahraga yang rutin dilakukan, meskipun hanya 30 menit perhari, lebih baik dibandingkan olahraga berat namun hanya sekali-sekali. Olahraga yang teratur juga mengurangi kemungkinan peningkatan beban jantung secara mendadak ketika berolahraga yang dapat memicu henti jantung. Olahraga aerobik ringan seperti jalan kaki maupun jalan cepat, senam, jogging, disarankan untuk dilakukan. Jika menginginkan lebih dari itu, maka setiap pasien disarankan berkonsultasi dengan dokternya masing-masing untuk mengetahui apakah jenis olahraga yang diinginkan sesuai dengan kondisi jantungnya.

Khusus untuk makanan, selain rendah kalori dan kaya gizi seperti diatas, perlu pula diperhatikan porsi makanan. Porsi makanan yang sedang atau kecil dan selingan snack sehat seperti buah atau sayuran diantara waktu makan lebih baik dibandingkan porsi besar (bahkan ekstra besar ketika porsi digandakan) di tiap waktu makan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. hafidz (Pembina  rubrik kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur