Perlukah Tes Kesehatan Rahim

2788

Setelah 9 Tahun, Perlukah Tes Kesehatan Rahim Sebelum Program Kehamilan Ke-2

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dokter,

Saya umur 33 tahun tinggi 171cm/berat 80kg, dan istri 30 tahun tinggi 155cm/berat 52kg. Anak lelaki kami usia 9,5th. Saat ini kami sedang mendambakan/program kehamilan ke-2. Pasca persalinan yang normal, sengaja istri ikut KB suntik selama 3th, dan selanjutnya tiap berhubungan sperma selalu keluar di luar vagina.

Yang ingin saya tanyakan, apakah istri perlu menjalani tes rahim/tes kesehatan untuk mengetahui ada/tidaknya gangguan. Tes apa yang dianjurkan Dok?

Saya takut beberapa kasus kanker rahim. Demikian terimakasih. Wassalamu’alaikum.obat kuat hajar jahanam

Dari: Atillah

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokatuh.

Terima kasih atas kepercayaan Bapak berkonsultasi kepada tim kami.

Jika kondisi kesehatan Bapak dan istri dalam keadaan prima, cukup nutrisi dan istirahat, siklus menstruasi teratur dan tidak ada gangguan berarti seperti darah yang keluar sangat banyak, keputihan yang terus menerus, atau rasa nyeri yang sangat ketika menstruasi, pada dasarnya tidak diperlukan tes kesehatan khusus untuk merencanakan kehamilan selanjutnya. Adapun kekhawatiran mengenai kanker rahim, atau kanker leher rahim, yang tidak berhubungan dengan kehamilan, dapat dilakukan bersamaan dengan konsultasi pra kehamilan dengan dokter kandungan istri, jika dipandang perlu oleh dokter.

Meski demikian, sebagian sumber menyatakan perlunya melakukan tes TORCH (tes evaluasi adanya infeksi toxoplasma, cytomegalovirus, rubella, herpes, dll) sebelum merencanakan kehamilan, namun tes ini bukanlah anjuran yang bersifat wajib. Hanya saja, tes ini sangat berguna untuk mengetahui ada tidaknya infeksi agen-agen diatas pada calon ibu hamil – dimana agen tersebut dapat menimbulkan kecacatan parah hingga kematian pada janin- sehingga dapat dilakukan pencegahan dan terapi lebih dini. Oleh karena itu, kami menganjurkan untuk menjalani tes ini.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
SHARE
Previous articleEfek Bayi di Ruangan Ber-AC
Next articleEfek Operasi Polip Endoserviks
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.