Kepala Kesemutan Ketika Memakai Helm

2656
sering pakai helm

Pakai Helm Bikin Kesemutan Kepala

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya. Saya sering mengalami kesemutan di kepala bagian belakang itu karena kelamaan memakai helm kalo perjalanan jauh. Yang ingin saya tanya, apa ada efeknya bagi kepala saya? Atau penyebabnya apa dan apakah ini sebuah penyakit?

Terima kasih atas jawabannya.

Dari: Echi

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Adanya perasaan kesemutan setelah lama berkendara dengan menggunakan helm menandakan peredaran darah di kulit kepala Saudara kurang lancar dan tekanan pada saraf-saraf kulit kepala.  Jika tidak disertai oleh keluhan lain seperti nyeri kepala, pandangan berkunang-kunang atau perasaan akan pingsan, dan keluhan membaik setelah helm dibuka, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah tekanan dari helm akibat penggunaan helm yang terlalu ketat atau lama. Adanya kesemutan ini merupakan suatu tanda untuk membebaskan tekanan yang mempengaruhi aliran darah pada kulit kepala dan saraf yang ada di dalamnya.

Kondisi ini bukanlah penyakit tersendiri, dan akan membaik jika ikatan helm benar-benar disesuaikan dengan ukuran kepala, atau helm dibuka secara periodik, misalnya setiap 1 jam sambil beristirahat sejenak.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur